Mengapa Quran Menjadi Pedoman Umat Islam?

 
 
Lembaga Qiroati Pusat  -    Setiap manusia pasti memiliki pedoman. Dan pedoman itu akan berbeda, tergantung akidah yang dianutnya. Begitu pula dengan daerah yang menjadi tempat tinggalnya. Maka, jangan heran jika kita melihat perbedaan. Karena pada dasarnya tak semua manusia memiliki pedoman yang sama.

Pedoman bagi umat Islam itu, sudah pasti dapat kita ketahui ialah al-Quran. Ya, al-Quran dijadikan sebagai pedoman atau pun petunjuk bagi keberlangsungan hidup umat Muslim. Sebagai Muslim sejati, tentulah kita harus yakini akan kebenaran al-Quran yang agung ini.

Di masa sekarang ini, suatu kejadian yang begitu ironis terjadi. Banyak umat Muslim yang mulai meninggalkan pedomannya. Sehingga, tak sedikit kita menemukan orang-orang yang belum mencerminkan orang yang Qurani. Hanya segelintir orang saja yang bisa beristiqamah menjaga kesucian al-Quran dalam dirinya.

Memang tak mudah untuk melaksanakan segala hal yang ada di dalam isi kandungan al-Quran. Tapi, kita harus ingat, bahwa Allah tidak akan memberikan sesuatu jika tidak ada manfaatnya. Dan Allah tidak akan menguji hamba-Nya di luar batas kemampuannya.

Dalam al-Quran segala hal yang berkaitan dalam urusan duniawi maupun hari yang akan datang, telah ada dengan begitu lengkap. Hanya saja, kita harus mempelajarinya lebih mendalam lagi. Di sini perlu adanya kitab dari para ulama yang menafsirkan al-Quran agar maknanya tidak menyeleweng.

Mempelajari al-Quran adalah suatu kewajiban bagi kita. Jika kita benar-benar mengakui bahwa diri kita termasuk Muslim, maka jangan malu untuk mencerminkan orang yang berakhlak Qurani. Yakni bertingkah laku seperti yang ada dalam isi kandungan al-Quran.

Dengan mengikuti apa yang menjadi ketentuan di dalam al-Quran, insya Allah kita tidak akan tersesat. Tersesat ke mana? Tentunya kita tidak akan tersesat ke dalam jurang penyesalan. Melainkan, selama di dunia dan di hari akhir nanti, kita akan memperoleh keselamatan. Wallahu ‘alam.
 

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar