7 Langkah Agar Anak Cinta Allah, Alquran, dan Rasul


Lembaga Qiroati Pusat  - Menumbuhkan cinta pada Allah, Alquran, dan Rasulullah SAW di hati buah hati kita, menurut H Mansor Sukaimi --pakar perkembangan anak yang memadukan metode pendidikan anak dengan riset mutakhir dan agama Islam-- amat penting. Dari sekian banyak langkah konkret yang bisa dilakukan, ia menyebut tujuh yang utama. ''Sekiranya kita dapat membuat satu hingga tujuh ini saja, manfaatnya amat besar,'' katanya. Berikut sarannya:

* Amalan ibadah harian keluarga perlu disempurnakan dengan sebaik-baiknya karena sayang Allah, Rasulullah SAW, dan Alquran perlu bentuk kehidupan yang bersih, suci, dan kaya dengan rasa syukur.

* Percakapan harian berisi kata-kata mulia, tak pernah lupa mengungkap pujian, penghargaan, dan rasa syukur.

* Melafazkan Asmaul Husna itu sangat dasar karena ia memuliakan dan mencantikkan hakikat, pemikiran, dan tuturan harian seperti halnya dengan shalawat.

* Memahami Alquran. Anak perlu diajar arti, makna atau maksud ayat-ayat atau surat-surat Alquran yang dibaca.

* Banyakkan cerita-cerita yang menghidupkan nilai Alquran, kebesaran Allah SWT, perjuangan, pengorbanan, rasa cinta Rasulullah SAW terhadap umatnya.

* Pilih kata-kata penting dan jadikanlah tema-tema cerita atau percakapan harian keluarga.

* Pilih satu atau dua ayat Alquran dan menghafalnya bersama anak, dan ajarkan mereka artinya.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar