Khatam Al Quran 5 Kali Sehari


Lembaga Qiroati Pusat  -   Secara logika pernyataan ini mungkin akan menjadi suatu impossible mission (suatu hal yg tak mungkin). Kenapa ? Karena khatam Al quran itu artinya menamatkan membaca Al quran. Bayangkan bisa menamatkan  Al Quran yang terdiri atas 30 Juz dan 114 surat atau lebih kurang 6666 ayat, 5 x sehari ? Satu kali  sehari saja mungkin seseorang  takkan bisa.

Saya coba menerapkan baca Al Quran 2 kali sehari ba’da Maghrib dan sebelum atau sesudah subuh, lebih kurang setengah jam perkalinya, paling saya tamat setelah 6 bulan termasuk baca terjemahannya, tanpa baca terjemahan saya cuma mampu 3 bulan sekali khatam Al Quran. Saya coba tingkatkan lagi paling 1 kali  dalam sebulan yaitu pada bulan Ramadhan dengan meningkatkan kapasitas baca 2 - 4 kali sehari, tanpa membaca terjemahannya.

Namun dalam kehidupan ini, untuk melakukan sesuatu secara berhasil dengan baik kita harus mengetahui kiatnya, termasuk juga dalam menjalankan ibadah. Tuhan selalu menciptakan kemudahan bagi makhluknya, Cuma kadang kemudahan itu adalah untuk jangka panjang dan kita malas mengambil kemudahan itu, karena manfaatnya adalah untuk kepentingan akhirat kelak, bukan untuk kepentingan duniawi semata.

Al Quran menurut Surat Al Baqarah ayat 2    :

Inilah Kitab (Al Quran) Yang tiada keraguan didalamnya, Suatu petunjuk  bagi mereka  yg taqwa (kepada Tuhan).
 
Bagi mereka yg taqwa Tuhan menciptakan kemudahan atau memberikan petunjuk bagaimana caranya supaya bisa khatam Al Quran dengan cepat. Satu surat atau  satu ayat dalam Al Quran mempunyai fadhilah-fadhilah tertentu. Salah satunya adalah Surat Al Ikhlas, Surat ke 112. Surat yang terdiri dari 4 ayat ini yaitu  :

1.       Katakanlah, Ialah Allah Yang Maha Esa,

2.       Allah Yang Kekal Tempat Meminta.

3.       “Tiada Ia beranak dan tiada Ia diperanakan.

4.       Tiada seorangpun yang sama dengan-Nya,”

bila kita baca satu kali ia mempunyai fadhilah sama dengan membaca sepertiga Al Quran.

Jadi bila seseorang mau membaca surat Al Ikhlas ini tiga kali maka sama artinya ia telah khatam Al  Quran. Nah bila setiap selesai solat wajib, kita membaca Suart Al Ikhlas 3 kali, berarti kita berhasil mengkhatam Al Quran 5 kali sehari.

Pekerjaan sederhana , yang bila dilaksanakan secara ikhlas karena Allah lillahi ta’ala akan memberi kita pahala yang besar. Bila dilakukan secara rutin berarti dalam setahun kita akan berhasil khatam Al Qura  5 x 30 (hari) x 12(bulan) = 1.800 kali. Subhanallah. Mahasuci Allah dengan segala Firmannya.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar