Satu Hari Satu Ayat: Cara Minimal Membiasakan Diri Membaca Al-Quran


Lembaga Qiroati Pusat  -   Sebagai seorang muslim, al-quran menjadi buku yang sangat penting. Berbagai kajian keilmuan muncul  kepermukaan dan dapat kita nikmati, merupakan hasil dari kajian membaca al-Quran. Membaca al-Quran menjadi bagian dari ibadah keseharian kepada Allah SWT. Allah SWT dan RasulNya tercinta, Muhammad  SAW telah menyampaikan pesan sebagai berikut

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”. “Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Fathir: 29-30).

Dalam ayat ini, Allah akan memberikan banyak keutamaan bagi kita yang selalu membiasakan diri membaca al-Quran tanpa meninggalkan shalat dan bersedekah dengan ikhlas.

Lebih rinci dan khusus yang tercinta Muhammad SAW menyampaikan pesan sebagai berikut;

“Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Pelajarilah Al Quran ini, karena sesungguhnya kalian diganjar dengan membacanya setiap hurufnya 10 kebaikan, aku tidak mengatakan itu untuk alif laam miim , akan tetapi untuk untuk Alif, Laam, Miim, setiap hurufnya sepuluh kebaikan.”

Luar biasa, hadis ini memberikan motivasi bagus kepada kita, akan balasan kebaikann yang besar bagi kita yang membacanya.

Lalu bagaimana cara memotivasi diri untuk membiasakan membaca al-Quran?

Pertama, ada kegiatan yang cukup menarik dan menjadi topic pembicaraan beberapa bulan yang lalu bahkan sampai terbentuk komunitas, yaitu ODOJ, One Day One Juz. Atau yang lebih sangat ringan yang kini sedang saya jalankan bersama adik-adik pengajian di Ciledug, Satu Hari Satu Ayat, sudah sangat ringan lho, masa sih sehari tidak bisa menyempatkan membaca satu ayat? Agar menjadi sebuah ikatan buat kita begini caranya?

Kedua siapkan waktu khusus untuk membacanya, masa sih cuma menyempatkan membaca satu ayat saja tidak bisa, Allah sudah banyak memberi waktu kepada kita, ingat itu, he…he…he…..

Ketiga catat berapa ayat yang kita baca setiap harinya, insya Allah saya sangat yakin, lama kelamaan malu rasanya kalau hanya membca satu ayat, he…he…he…

Alhamadulillah, kegiatan yang baru saya formalkan buat saya dan anak didik di pengajian saya, begitu menyenangkan secara pribadi, malu rasanya kalau Cuma membaca satu ayat.

Satu hari satu ayat, target yang sangat minimal, namun lama kelaamaan bisa maksimal, selamat mencoba.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar