Tiga Langkah Menuju Sukses Berdasarkan Al Qur’an


Lembaga Qiroati Pusat  -  Allah SWT menurunkan Al Qur’an adalah sebagai petunjuk umat manusia untuk mencapai kehidupan yang lebih baik, baik didunia maupun di Akherat kelak. Dalam istilah kita sekarang bahwasanya Al Qur’an adalah Tutorial bagaimana manusia itu bisa menjalani hidup didunia dengan sebaik baiknya dan mendambakan akherat dengan amal perbuatan yang telah diperbuat didunia dan pada akhirnya akan dipertanggungjawabkan diakherat nantinya.

Kita sebagai umat Islam dimana pengetahuan adalah pondasi dasar dalam mencapai sebuah kesuksesan. Hidup tanpa ilmu adalah suatu kebutaan. Tiga langkah penting sebagai umat Islam sebagai suatu pedoman dalam mencapai kehidupan lebih baik dengan segala kesuksesan yang kita raih. Tiga Hal yang merupakan ciri cirri seseorang yang sukses, tiga hal tersebut menjadikan prinsip dasar dalam menjalani kehidupannya dan itu sudah dibuktikan Nabi Muhammad SAW didalam kehidupannya. Tiga Hal tersebut antaralain :

1. Iqra (Bacalah)

2. Al Ashr ( Demi Masa)

3. Silaturakhmi

· IQRA (Bacalah)

Allah SWT menurunkan Al-Qur’an pertama kali di Gua Hira dengan perantaraan malaikat jibril, dimana saat itu Nabi Muhammad SAW belum bisa membaca dan menulis. Namun Surat yang pertama kali saat itu adalah dengan perintah Membaca, Saat itu malaikat Jibril dalam menyampaikan wahyu pertama tersebut mengulang ulang kalimat Iqra hingga tiga kali . Batapa pentingnya membaca sebagai suatu pengetahuan. Pada saat itu Nabi Muhamaad belum bisa membaca dan menulis. Dimana Saat itu pada masa jahilliah belum ada Sekolah sekolah baik itu TK,SD,MI,SMU bahkan perguruan tinggi. Dengan turunya AlQur’an dimana saat itu ilmu diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhamad SAW. Sering kita membaca Al Qur’an namun kita juga sering melupakan akan maknanya. Padahal kita tahu bahwasanya Al Qur’an sekarang memiliki terjemahan oleh karena bahasa yang berbeda sehingga mampu memahami arti yang terkandung didalamnya bukan hanya sekedar bunyi bunyian belaka. Pemahaman dan pemaknaan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam mempelajari isi Al Qur’an. Dengan Jelas dan Gamblang pada Al Qur’an menerangkan perintah membaca sebagai dasar pengetahuan pada Surat Al-Alaq ayat 1 yang berbunyi

Begitupula pada ayat yang ketiga, Allah SWT mengulang kembali dengan perintah membaca

Dengan kita gemar membaca tentunya kita akan diberi petunjuk dari apa-apa yang kita baca, Seseorang yang rajin membaca saya yakin dia juga rajin menulis artinya dengan pengetahuan membacanya dia dapat melakukan inspirasi dan pengembangan pengembangan nalarnya atas apa yang dibacanya. Dalam Kajian ini bukan hanya Al Qur’an saja Allah SWT memerintahkan untuk membaca. Banyak pelajaran pelajaran sekolah buku buku bacaan yang perlu kita pelajari sebagai pengetahuan. Coba kita lihat disekeliling kita atau kita melihat kesuksesan dari seorang tokoh baik di Indonesia maupun dunia baik itu politisi, sastrawan, wartawan dll pada dasarnya mereka adalah orang orang yang gemar membaca. Ada sebagian orang dengan kedangkalan fikirannya menganggap pekerjaan membaca hanyalah kesiasiaan belaka. Coba kita buka lagi tentang perintah Allah SWT tentang perintah membaca hal tersebut disebutkan pada ayat yang ke empat dari QS Al Alaq.

Dengan membaca kita semakin dibukakan wawasan pengetahuan serta perkembangan perkembangan yang terjadi disekeliling kita maupun dunia. Dengan adanya perkembangan didunia informatika dimana internet menjadi suatu kebutuhan pokok dalam memberikan informasi baik lowongan pekerjaan, Politik, sastra,maupun pendidikan. Hal tersebut sangat mempengarhui pengetahuan seseorang dimana kita memanfaatkan media internet sebagai Informasi, maupun sebagai media pendidikan kita. Banyak sekali situs situs yang memberikan informasi tersebut. Dimana media informasi sangat menentukan kesuksesan seseorang tinggal bagaimana orang tersebut mampu memanfaatkan media baik media sosial maupun media pelayanan pendidikan dll untuk hal hal yang lebih baik.

Suatu Contoh kecil saja, Hal ini pernah dialami oleh saya sendiri dimana saat itu saya baru lulus kuliah pada tahun 2009. Tentunya orang yang baru lulus kuliah (Fresh Graduade) hal yang membebani buat para lulusan tentunya adalah saya mau kerja dimana setelah saya lulus nanti ? Dengan adanya perkembangan internet dimana kita semakin dimudahkan oleh layanan layanan yang memberikan informasi informasi pekerjaan. Katakanlah dlm 2 jam kita duduk di depan internet kita sudah bisa mengirimkan lowongan diberbagai perusahaan, atau dengan sarana sosial media dimana kita memanfaatkan jaringan sosial kita untuk mengetahui informasi informasi terutama menyangkut dengan pekerjaan sesuai dengan profesionalisme bidang yang kita kuasai. Lain halnya dengan pengalaman pengalaman para orang tua kita dulu dimana setiap perusahaan harus kita masuki satu-persatu. Sekarang dunia sudah berubah dengan cepat dimana teknologi sangat membantu kesuksesan seseorang, tinggal bagaimana kita memanfaatkan informasi serta waktu kita. Misalkan biaya internet dalam 1 Jam Rp.2000,00 berapa banyak perusahaan yang sudah kita kirimi cv (Curiculum Vitae) ?berapa banyak Lamaran kita kirimkan ke perusahaan perusahaan yang membutuhkan tenaga tenaga kerja ?katakanlah kita hanya mengirimkan 10 kali saja atau 20 yang saya amati dari www.Jobstreet.com atau www.jobdb.com bayangkan saja 20 adakah angka peluang serta kesempatan untuk bisa diterima ? Sangat besar peluang dan kesempatan kita untuk melakukan hal tersebut.sendiri hamper 100 perusahaan membutuhkan tenaga ahli dalam setiap bulannya bayangkan saja ? Masihkah kita membiarkan dalam kebodohan kita bagaimana kita tahu sebuah informasi tanpa kita terlebihnya membaca? Diberitakan bahwa kurangnya kesempatan kerja ??? atau kita yang malas untuk melakukan suatu usaha. masihkah kita bertanya akan hal tersebut atau kita yang tidak tahu informasi dan seolah olah menjadi makhluk yang lemah dengan berpasrah. Yuck Membaca ….!!!

· Waktu (Walasry)

Pemanfaatan waktu sangatlah penting dalam kehidupan sehari Semua manusia berada dalam keadaan merugi apabila dia tidak mengisi waktunya dengan perbuatan-perbuatan baik. hari didalam Al Qur’an Allah berfirman :

Allah SWT sendiri telah memperingatkan kepada hamba hambanya untuk memanfaatkan waktunya dengan sebaik baiknya agar kita tidak termasuk didalam golongan orang orang yang merugi. Apakah dengan peringatan yang Allah SWT Firmankan kepada kita tidak cukup.?Apakah kita sudah benar-benar mengimani atas segala firman-firman Allah dengan melaksanakan apa apa yang sudah diperitahkan kepada kita yang tersebut tersirat di dalam Al Qur’an yaitu didalam Q.S Al Ashr ayat 1 sampai dengan 3 tersebut. Surat Alashr ini bacaannya sangat pendek dan mungkin setiap kita sholat menjadi suatu bacaan yang benar benar favorit. Namun apakah kita mengetahui dengan benar tentang kandungan surat tersebut ataukah hanya sekedar bunyi-bunyian belaka tanpa mengetahui maksud dari kandungan surat tersebut. Maha Suci Allah dengan segala Firmannya. Yuck kita maknai secara benar atas kandungan ayat tersebut dan mari kita koreksi atas pemanfaatan waktu yang kita miliki dalam kehidupan kita sehari-hari dalam menjalani sisa umur kita didunia.

Saya contohkan hal kecil yang sering terjadi didalam kehidupan kita dalam urusan dunia. Kita seringkali mengabaikan waktu kita, kita seringkali hanya menghabiskan waktu kita didepan Komputer seharian dengan mengupdate status facebook atau kita chating mencari cewek, godain cewek atau kita gunakan dengan hal yang mudhorot yaitu dengan mengkritik orang namun tanpa solusi yang jelas sehingga berakibat su’udzon, atau kita terkadang hanya sekedar membuka situs situs Bockep, membaca bacaan porno download film. Berapa waktu kita yang sudah terbuang percuma didepan computer tanpa faedah berapa sisa umur kita kita gunakan secara sia-sia ? Kenapa kita tidak gunakan waktu kita selama didepan komputer dengan hal hal yang baik tanpa ada kemudhorotan ? Saya hanya ingin mengajak kepada kawan-kawan pembaca yang budiman agar dalam memanfaatkan teknologi ini dengan baik. Terutama mengenai waktu yang kita gunankan ? tentunya tidak over internet sehingga mengabaikan waktu dlm beribadah kepada Allah SWT. Dalam memanfaatkan teknologi internet dalam hal urusan keduniawian saya contohkan beberapa hal antara lain :

1. Melakukan usaha marketing produk-produk kita.
Bahwa Penggunaan internet menjadi media marketing. Berkenaan dengan tool yang sering kita gunakan adalah Facebook, Twitter, Blogspot, Yahoogroup, yahoo massager ataupun media media sosial lainnya.

Dalam usaha usaha marketing ini bisa kita lakukan dengan memasarkan produk produk orang lain atau mejadi reseller ataupun dengan memasarkan product sendiri.

Saya contohkan beberapa usaha yang mampu meghasilkan keuntungan yang lumayan tanpa biaya yang besar yaitu hanya dengan memiliki member atau dengan cara menjadi resseler suatu Produk.

Beberapa bisnis yang pernah saya ikuti dan saya jalankan sampai hari ini dan memang saya aku kebenaran dari bisnis ini antaralain :

· Menjalankan bisnis tiket pesawat terbang ataupun keretaapi, Dengan hanya bermodalkan Rp.150.000 kita sudah mampu menjadi agen tiket pesawat terbang adapun pengembangannya hanya dengan memanfaatkan media sosial seperti facebook maupun Twitter. Untuk membuka layanan tersebut saudara bisa buka di blog saya, dimana saya menjadi member dalam usaha tiket pesawat, tiket kereta, reservasi Hotel, Bisnis pulsa. Bisnis tersebut bisa dipercaya dan saya sudah membuktikannya. Silahkan buka di www.surveybisnisonlineterpercaya.bogspot.com

· Bisnis Pulsa. Bisnis pulsa ini sangat menguntungkan namun terkadang orang lebih menganggap hal yang sepele, mungkin karena uang recehan yang didapat dari hasil keuntungannya. Namun kita terkadang lupa dengan ayat yang tersebut diatas jelaskan. Semisal saya contohkan dengan kalimat” daripada kita berlama lama didepan laptop hanya melakukan chat, membicarakan orang lain atau kita hanya sekedar mengkritik saja apakah hal tersebut yang kita lakukan hanya mengandung dosa saja. Bangaiman jika kita gunakan waktu kita untuk mengembangkan bisnis ini atau dengan mengembangkan bisnis bisnis yang lain. Semua hal jika kita ingin meraih sebuah kesuksesan kita membutuhkan usaha keras dan ketelatenan. Lumayankan jika kita manfaatkan waktu kita dengan bekerja bukan hanya sekedar membuang waktu saja.

· Resseler signup pada situs situs yang membuka peluang usaha seperti amazon, tokobagus dll atau dengan melakukan link pada situs situs tersebut dengan menggunakan blogspot atau wordpress.

· Menjual produk-produk sendiri dimana kita menawarkan produk produk kita dengan menggunakan facebook,Twitter ataupun Blog yaitu dengan melakukan pemotretan product seperti kaos, jajanan rumahan, barang barang elektronik dan masih banyak product-product yang bisa kita tawarkan didunia maya ini, yang kemudian diuplod pada media media sosial yang kita gunakan.

2. Mencari Pekerjaan

Sesuai dengan perkembangan jaman dimana dalam usaha mencari pekerjaan tidaklah sesulit waktu waktu yang lalu saya ambil contoh saat saat tahun 78an dimana ketika kita mau memasukan lamaran pekerjaan kita harus menenteng ijazah dan mengantarnya keperusahaan yang kita tuju. Belum lagi dengan jadwal test wawancara test kesehatan dll yang pada saat itu masih berkembang surat kabar dan itupun untuk media lowongan pekerjaan tidak terbit setiap hari atau hanya ada pada hari sabtu seperti pada kolom kolom lowongan pekerjaan pada kompas. Seiring dengan perkembangan jaman banyak sekali situs situs yang menginformasikan prihal lowongan pekerjaan dari berbagai bidang. Saya contohkan pada www.jobstreet.com,www.jobdb.com,www.petromindo.com dll. Pernah saya membuka pada www.jobstreet.com dimana lowongan pekerjaan bisa mencapai 100 lowongan tentunya pada bidang yang saya geluti. Jadi kalau kita hanya beralasan tidak ada kesempatan, saya rasa sesuatu yang tidak beralasan. Pertanyaannya tidak ada kesempatan atau kita yang hanya sekedar beralasan dan bermalas malasan?

Dalam kehidupan kita “ Musuh yang paling berat adalah melawan rasa malas dan kemalasan lebih cenderung pada kebodohan”.

3. Menulis

Menulis adalah suatu pekerjaan yang sangat jarang dilakukan dimana teknologi semakin berkembang,menulispun bukan menjadi suatu budaya ataupun kebiasaan. Hal ini tidak hanya dirasakan oleh saya sendiri namun hampir dirasakan oleh para pelajar di Indonesia mungkin juga di dunia.

Sering kita membaca namun juga kita malas untuk menuliskan kembali apa yang sudah kita baca. Padahal dengan metode ini kita akan dibiasakan dengan mengembangkan daya ingat serta mengasah kemampuan daya ingat (Secara kesehatan). Bedasarkan penelitian oleh banyak ahli orang yang gemar membaca tidak mudah terkena penyakit lupa atau kepikunan.

Dengan mengembangkan budaya menulis baik dimedia online maupun offline merupakan sarana berbagi baik itu pengalaman, ataupun sebagai upaya share tentang ilmu pengetahuan dll. Orang yang gemar membaca saya yakin memiliki wawasan yang luas namun jika kita tidak dikombinasikan dengan menulis yang pada ayat diatas disebutkan dengan perantaraaan qalam. kitapun akan gampang lupa dan juga tidak memberikan maanfaat kepada yang lainnya. Lainhalnya jika kita melakukan penulisan dari apa yang sudah kit abaca dan kita simpulkan itu jauh lebih bermanfaat dan kita juga bisa melakukan share dengan orang orang ayang ada disekitar kita dengan memanfaatkan blog itulah sebagai salah satunya media untuk mengembangkan bakat menulis kita semoga itu semua bermanfaat. Adapun jika kita dalam setiap penulisan untuk mendapatkan uang dari setiap yang membaca ataupun merefrensikan kepada yang lain. Banyak juga situs situs yang memberikan layanan tersebut seperti www.shovoong.com masih banyak situs situs lainnya bisa saudara search di www.google.com

Dari contoh diatas bisa kita simpulkan bahwa dengan memanfaatkan waktu dimana kita tidak terpaku pada satu dengan mengabaikan hal yang lain semisal kita melakukan facebook yang aktivitasnya hanya menyita waktu dengan chating saja namun juga bisa kita gunakan waktu kita untuk melakukan usaha bisnis yang bisa menghasilkan suatu keuntungan. Dengan membatasi diri 2 jam dalam sehari dari ketiga usaha yang saya contohkan sebagai suatu implementasi atau ikhtiar dalam hal keduniawian namun dari sisa 24 jam ini bisa juga kita gunakan untuk melakukan usaha usaha pokok, baik itu mengajar bagi guru, berdagang secara offline dan selebihnya bisa kita gunakan untuk melakukan ibadah kepada Allah SWT.

· Silaturakhmi

Silaturakhmi adalah suatu hubungan persaudaraan yang baik antar individu maupun secara kelompok, Dalam suatu kehidupan bahwa umat manusia bukan hanya ditekankan pada suatu hubungan terhadap sang pecipta saja namun juga ditekankan untuk melakukan suatu hubungan yang baik terhadap makhluk makhluk yang lain (Wahablum Min Allah, Wa Hablum minanas) baik hubungan secara vertical namun juga baik hubungan secara horizontal. Didalam Al Qur’an dalam Surat Ar Ra’d ayat 21 seperti yang difirmankan dibawah ini

Bahwa Allah SWT menegaskan adanya hubungan yang baik dengan sesama manusia merupakan suatu backing effect dari ketaatannya kepada Allah SWT hal tersebut merupakan tercermin dari kekhusuannya dalam menjalankan ibadah shalat dimana shalat merupakan suatu dasar keimanan dan suatu pondasi umat Islam dalam menegakan agama rakhmatan lil alamin dengan dilandasi Iman dan Taqwa.

Dengan adanya hubungan yang baik dimana rizqi merupakan hubungan pertalian dalam menjaga persaudaraan baik sesame muslim maupun sesame makhluk. Didalam hubungan silaturakhmi ini. Bedasasarkan pendapat saya bahwasanya manusia adalah makhluk sosial dan saling ketergantungan dan apabila kita menjaga hubungan silaturakhmi yang baik saya yakin kitapun akan dimudahkan jalan risqinya begitupula ketika kita memutuskan tali silaturakhmi saya yakin akan dipersulit jalan rizqinya. Adapun usaha usaha dalam menjalankan hubungan tali silaturakhmi adalah salah satunya ialah menjalin suatu komunikasi yang baik, menjaga toleransi serta tidak intervensi satu sama lainnya dimana hubungan keharmonisan sesame makhluk tetap balance.

Saya contohkan dalam kehidupan sehari hari dimana kita suatu ketika mendapatkan informasi suatu pekerjaan sedangkan kita dalam keadaan kerja. Tentunya tidak mungkin kita akan menerima suatu tawaran kerja dalam waktu yang bersamaan dan kita terima secara bersamaan pula. Karena salah satu tawaran pekerjaan tersebut tidak kita ambil semua tentunya kita berfikir “daripada tawaran pekerjaan ini sia-sia alangkah baiknya saya tawarkan ke teman ataupun saudara yang masih menganggur” dengan pemikiran seperti ini bahwasanya kita akan dituntut kira kira individu yang nanti bakal kita recommended ini siapa ? ya mestinya orang yang bisa direcomended adalah orang yang memiliki hubungan baik dengan kita. Baik secara prilaku maupun baik secara komunikasi dengan tabiat yang baik pula.

Bahwasanya masing-masing orang memiliki rizqi masing masing, dan didalam hubungan tersebut saling keterkaitan serta saling membutuhkan seperti halnya tali silaturakhmi. Namun jika individu tersebut tidak mencirikan dari Kriteria tersebut diatas makan kita pasti akan mengurungkan niatnya. Dan barang siapa yang memutuskan talisilaturakhmi niscaya dia akan dipersulit dalam urusan rizqinya.

KESIMPULAN.

Bahwa pondasi awal dalam mencapai kesukseskan adalah Ilmu, Membaca merupakan media dalam pengembangan ilmu pengetahuan dengan membaca wawasan kita akan terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. Pemanfaatan waktu merupakan hal yang sangat penting dimana dalam pemanfaatan waktu selam 24 jam tentunya akan jika kedua nya berjalan beriringan merupakan langkah awal menuju kesuksesan baik didalam kehidupan duniawi maupun didalam kehidupan akherat. Dengan terjalinnya hubungan silaturakhmi yang baik akan selalu dimudahkan pintu rizqi dimana manusia merupakan makhluk yang saling membutuhkan dan saling ketergantungan satu-samalainnya dalam firman Allah menegaskan betapa pentingnya Silaturakhmi ini terbangun didalam jiwa setiap muslim.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar