Melihat Lebih Dekat Al Quran Tertua di Dunia

Penggalan Al Quran tertua di dunia kemungkinan besar telah ditemukan Universitas Birmingham. Penanggalan radiokarbon menunjukkan manuskrip itu berusia setidaknya 1.370 tahun, membuatnya menjadi salah satu teks tertua di dunia.

Ahli manuskrip dari British Library, Dr Muhammad Isa Waley, mengatakan, "penemuan menarik" ini akan membuat umat Muslim "bersukacita". Manuskrip itu disimpan bersama koleksi buku-buku dan dokumen Timur Tengah lainnya, tanpa diidentifikasi sebagai penggalan Al Quran tertua.

Ketika seorang peneliti mengamati halaman-halaman itu lebih lanjut, diputuskan untuk melakukan uji penanggalan radiokarbon dan menghasilkan sebuah temuan yang sangat  "mengejutkan".

Direktur koleksi spesial Universitas Birmingham, Susan Worrall, mengatakan, para peneliti "sama sekali tidak menduga" bahwa usia Al Quran tersebut sedemikian tua. "Mengetahui kita memiliki penggalan salah satu Al Quran tertua di dunia sangat menggembirakan," ujar Susan.

Uji coba untuk menentukan usia penggalan Al Quran itu dilakukan oleh unit akselerasi radiokarbon di Universitas Oxford. Hasil uji coba menunjukkan potongan-potongan itu, yang ditulis di atas kulit domba atau kambing dan merupakan salah satu fragmen Al Quran tertua di dunia.

"Ini bisa membawa kita mendekati tahun penemuan Islam," kata David Thomas, profesor bidang studi Kristen dan Islam Universitas Birmingham.

"Orang yang menulisnya mungkin bahkan kenal dengan Nabi Muhammad. Dia mungkin melihat dan mendengar Nabi berkhotbah. Mungkin dia juga kenal Nabi, dan itu adalah kemungkinan yang luar biasa," katanya. 
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar