7 Manfaat Membaca Al-Quran (Mengaji)

Al-Quran merupakan kitab umat Muslim yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Rasulullah Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril. Menurut bahasa Al-Quran berarti "Bacaan".

Sedangkan menurut istilah Al-Quran adalah Kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.
Pada kesempatan yang baik ini, Saya akan memposting tentang 7 Manfaat yang didapat jika kita Membaca Quran (Mengaji).

1.  Mendapat Ketenangan
Menurut penelitian seorang dokter ahli jiwa, Al-Quran dapat memberikan ketenangan kepada pembacanya dan yang mendengarkan sampai dengan 97%. Terdapat sebuah laporan penelitian yang disampaikan pada konferensi kedokteran Islam di Amerika Utara, bahwa orang yang mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran akan mendapatkan ketenangan sampai dengan 97%.

2. Dapat Mengobati Penyakit   Setiap atom yang terdapat dalam tubuh kita mengalami suatu getaran dalam frekuensi tertentu. Jika kita sedang terserang penyakit maka getaran atom-atom pada tubuh kita akan berubah. Jika ada Perubahan sekecil apapun getaran atom ditubuh kita, maka kita akan terserang penyakit.
Jika kita membaca atau mendengarkan Al-Quran, maka lantunan ayat Al-Quran tersebut akan mengubah getaran atom-atom yang tidak beraturan menjadi kembali normal dan akan membuat tubuh kita sehat kembali. Hal ini juga dijelaskan pada Hadits :
“Hendaklah kamu menggunakan kedua obat-obat: madu dan Alqur’an”(HR. Ibnu Majah dan Ibnu Mas’ud)

3. Mencerdaskan Otak 
Menurut penelitian para ahli, membaca Quran sehabis Maghrib dan Setelah Shubuh akan meningkatkan kecerdasan kita sampai dengan 80%. Hal ini dikarenakan, pada waktu tersebut ada pergantian siang ke malam dan sebaliknya yang mana di waktu-waktu tersebut terjadi 3 aktivitas sekaligus yaitu melihat, mendengar serta membaca (Al-Quran).

4. Terhindar Dari Perbuatan Buruk
Setiap kali membaca Al-Quran pastinya kita akan ingat kepada pencipta langit dan bumi, yaitu Allah. Hal ini akan mengakibatkan kita akan takut berbuat dosa atau keburukan. Karena kita akan tau Allah selalu mengawasi kita dimanapun berada. Apabila kita terlanjur berbuat dosa, maka ketika kita membaca Al-Quran kita akan takut untuk mengulanginya lagi dikarenakan setiap kali kita membaca Al-Quran, Allah akan menegur kita melalui ayat-ayat Al-Quran.

5. Menambah Ilmu dan Wawasan
Al-Quran mengandung banyak sekali ilmu pengetahuan. Apabila kita memahami isi Al-Quran, otomatis kita akan menjadi orang yang berilmu. Bahkan Al-Quran lebih dulu memberikan teori-teori tentang ilmu pengetahuan dibandingkan para ilmuwan-ilmuwan. Masih banyak ilmu-ilmu pengetahuan yang terkandung didalam Al-Quran yang belum diketahui.

6. Al-Quran Memberikan Petunjuk
Orang yang selalu/rajin membaca Al-Quran akan selalu diberikan petunjuk sehingga tidak mudah untuk berlaku menyimpang dan patah semangat. Hal ini disebabkan karena ayat-ayat Allah selalu mengingatkan pembaca Al-Quran ketika mereka tersandung ke dalam dosa dan maksiat.

7. Mendapat Pertolongan di Hari Kiamat
Dalam hadis Rasulullah yang diriwayatkan Imam Muslim, “Bacalah Alquran oleh kamu sekalian, karena bacaan Alquran yang dibaca ketika hidup di dunia ini akan menjadi syaat atau penolong bagi para pembacanya di hari kiamat nanti.” Untuk itu, perbanyaklah membaca Alquran ketika Anda masih mampu membacanya agar mendapat pertolongan di hari kiamat nanti.
Dalam Hadits Rasulullah menjelaskan "Bacalah Al-Quran Oleh kamu sekalian, karena bacaan Al-Quran yang dibaca ketika hidup didunia ini akan menjadi syafa'at atau penolong bagi para pembacanya di hari kiamat nanti." (HR.Muslim). Maka sangat dianjurkan membaca Al-Quran selagi masih mampu agar mendapat Syafa'at di hari kiamat nanti.

Dalil Naqli membaca Al-Quran
“Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Alqur’an dan mengajarkannya.”
(HR Bukhori)

 “Dan Kami telah menurunkan dari Alquran, suatu yang menjadi penawar (obat) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Alquran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian”
(Q.S.17:82).

Masih banyak lagi manfaat yang bisa kita dapat dari membaca Al-Quran yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu.

Sekian Postingan saya pada kesempatan kali ini, apabila ada kesalahan mohon dimaafkan karena manusia (Insan) merupakan tempatnya berbuat kesalahan.
Sumber : kepentingan-bersama.blogspot.co.id
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar