Menghafal Al Quran dan Menjaganya



Berikut ini adalah sebagian teknis cara yang diterangkan oleh salah satu Ulama' untuk menghafal al-Qur'an. Syaikh Utsaimin menerangkan:

Orang-orang punya dua cara dalam menghafal al-Qur'an:

Pertama: Menghafal ayat per ayat, per dua ayat atau pertiga ayat sesuai dengan panjang dan pendeknya ayat.

Kedua: Menghafalnya perhalaman.

Orang-orang keadaannya berbeda-beda. Diantara mereka ada yang lebih mengutamakan untuk menghafal perhalaman, ia mengulanginya hingga menghafalnya. Diantara mereka ada yang mengutamakan untuk menghafal satu ayat kemudian mengulang-ulangnya hingga menghafal, selanjutnya ia menghafal ayat lainnya dan begitulah seterusnya hingga selesai.

Kemudian selayaknya bagi orang yang memakai cara pertama atau kedua untuk tidak melewati satu bagian kecuali ia sudah memantapkan hafalan bagian itu supaya ia tidak membangun sesuatu tanpa dasar. Selayaknya juga ia mengulang-ulang hafalannya setiap hari khususnya pada pagi hari. Apabila ia sudah mengetahui bahwa ia sudah membaguskan hafalannya maka ia bisa mengambil pelajaran baru (hafalan baru.pent). Majmu' Fatawa wa Rasail al-Utsaimin 26/199-200

Apabila seseorang sudah hafal Qur'an ia seharusnya menjaga hafalan tersebut supaya tidak hilang. Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa pernah ditanya:
Bagaimana caranya agar saya dapat menjaga hafalan Alquran saya?

Mereka menjawab:
Di antara cara menjaga hafalan al Quran adalah sering mengulanginya, jujur, ikhlas dan berkeinginan yang sungguh-sungguh untuk menghafalnya, memahaminya dan merenungi isinya, disertai permohonan dengan sungguh-sungguh dan doa kepada Allah Subhanahu wa Ta`ala agar diberi taufik untuk menghafalnya. Disamping itu dengan menjauhi kemaksiatan dan bertobat kepada Allah Subhanahu wa Ta`ala dari kemaksiatan yang telah lalu. Fatawa al-Lajnah ad-Daimah 4/94-95 petanyaan ketiga dari fatwa no.7349
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar: