7 Alasan kenapa Menghafal Al Qur’an

Satu hal yang perlu menjadi bahan evaluasi sebelum menghafal Al Qur’an adalah, apa tujuan menghafal Al Qur’an? untuk apa sih saya menghafal Al Qur’an? ini penting untuk menjadi renungan sebelum menghafal. Pertanyaan yang Nampak sederhana ini membutuhkan jawaban pasti dari setiap insan yang hendak menghafal Al Qur’an. Maka diantara alasan yang akan  menguatkan dan meluruskan kembali tujuan menghafal adalah memahami akan seberapa besar manfaat menghafal Al Qur’an. Lalu  apa saja manfaat menghafal Al Qur’an? berikut ulasannya :
  1. Karena Al Qur’an adalah merupakan kalamulloh, maka tatkala kita menghafalkannya berarti kita sedang melakukan sebuah kerja besar. Yakni ikut serta menjaga Al Qur’an di dalam hati kita. Selain itu, Karena menghafalkan AL Qur’an akan membuka pintu-pintu kebaikan. Dan satu hal yang perlu kita ingat adalah karena Al Qur’an inilah Alloh mengutus seorang Rosul khusus untuk menyampaikannya kepada kita.
  2. Menghafal al Qur’an sama artinya kita sedang mengumpulkan pundi-pundi kebaikan, dimana setiap satu huruf yang kita baca berpahala sepuluh kebaikan. Maka bisa kita bayangkan jika kita menghafal surat terpendek dalam Al Qur’an yang memiliki jumlah huruf 42 saja. Maka itu artinya 42x10 = 420 kebaikan. Padahal dalam sehari kita bisa membacanya berulang-berulang Kali. Berapa kebaikan yang bisa kita peroleh hanya dari membaca surat terpendek ini? Sementara Kebaikan dari membaca Al Qur'an melebihi dari segala kebaikan yang ada didunia ini. Lalu kebaikan apalagi yang melebihi kebaikannya menghafal Al Qur’an? perlu kita ketahui bahwa jumlah huruf Al Qur’an sebanyak tiga ratus ribu lebih. Ma sya`a Alloh… tak terbayang berapa kebaikan yang bisa didapat oleh seorang hafidz yang membaca Al Qur’an setiap saat, membacanya berulang-ulang bahkan Al Qur’an telah menjadi bagian dari hidupnya. 
  3. Kandungan Al Qur’an meliputi urusan dunia dan akhirat. Informasinya mencakup ummat masa lalu dan masa sekarang. Al Qur’an meliputi sebagian besar ilmu saintis, ilmu geografi, kedokteran dan lain sebagainya. Al Qur’an juga undang-undang kehidupan yang akan mengatur segala sisi kehidupan seorang mukmin secara komperehensif. Al Qur’an merupakan satu-satunya kitab yang menjelaskan proses penciptaan manusia dengan sangat detail. Bahkan AL Qur’an menjelaskan akan datangnya satu moment yang sangat penting dalam kehidupan manusia yakni kematian. Bahkan Al Qur’an juga menjelaskan dengan sangat mendalam tetang peristiwa hari qiamat serta kehidupan sesudahnya, Surga atau neraka. Maka saat kita sedang membaca dan menghafal Al Qur’an artinya kita sedang membaca buku ensiklopedia dunia akhirat. 
  4. Al Qur’an yang hari ini sedang kita hafal kelak ia akan menjadi teman disaat-saat kematian menghampiri kita. Ia akan menjadi pembela dan pelindung kita disaat tidak ada orang yang bisa melindungi kita termasuk sanak saudara dan orang-orang terkasih sekalipun. “Bacalah Al Qur’an karena sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat untuk memberi syafaat bagi penghafalnya. Dan sungguh tidak ada hal yang paling menggembirakan kita kecuali kelak saat kita menghadap Alloh dengan menyandang gelar hafidzul Qur’an orang yang menjaga kalam-Nya. 
  5. Saat kita menghafal Al Qur’an kita akan memiliki kemampuan menemukan metode yang tepat sesuai dengan kemampuanya. Hal ini disebabkan kesastraan (balaghoh) Al Qur’an yang begitu tinggi. Kita akan memiliki kekuatan untuk bersabar saat berinteraksi dengan orang lain. Mendapatkan kebahgiaan yang tak terkira. Sebab menghafal Al Qur’an tidak seperti menghafal, bait-bait syair dan lirik lagu. Akan tetapi saat kita menghafal Al qur’an kita sedang meniti sebuah proses menuju perubahan. Sehingga input yang kita dapatkan adalah kemulian akhlak sesuai dengan apa yang sedang atau sudah kita hafalkan yakni Al Qur’an.
  6. Al Qur’an sebagai obat untuk penyakit medis dan psikis, bisa dibayangkan jika hanya dengan satu surat Al fatihah saja mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit – dengan izin Alloh- apalagi jika mampu menghafalkan keseluruhannya? Sungguh kita akan terhindar dari berbagai jenis penyakit. Termasuk yang disebabkan oleh kejahatan syaithan, dan yang pasti Al Qur’an akan menambahkan imunitas dalam tubuh kita disebabkan interaksi yang intens dengan al Qur’an selama menghafal. 
  7. Dengan memutuskan diri untuk menghafal al Qur’an maka tidak aka ada lagi waktu kosong yang tidak berguna, tidak ada lagi kegalauan, kesedihan dan kegelisahan apalagi cemas. Sebab al Qur’an akan menghapus semua perasaan itu, dan membuat jiwamu merasa tenang seolah kita telah dilahirkan kembali kedunia.
  8. Maka, apa sebenarnya yang telah menutupi hati dan menghalanginya dari menghafal Al Qur’an? dan betapa banyak orang yang berusaha untuk menghafal namun tidak bisa juga? Maka ada satu masalah besar yang harus segera kita singkirkan dari diri kita, apakah itu?
Sumber : generasiquran1.blogspot.co.id
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar