Hubungan Ubun-Ubun, Sidik Jari dan Al-Qur'an

Adakah keterkaitan antara sidik jari dan otak? dalam artikel kali ini akan membahas keterkaitan antara frontal lobe dan sidik jari. Penjelasan ini merupakan penggabungan teori yang bersumber dari Al Quran, peneliti neurosains dan ilmu analisa sidik jari.

Gambar otak manusia bagian depan yang disebut Allah dalam Al Qur’an Al Karim dengan kata nashiyah (ubun-ubun). Dalam istilah ilmiahnya disebut “frontal lobe”

Al-Qur’an menyifati kata nashiyah dengan kata kadzibah khathi’ah (berdusta lagi durhaka). Allah berfirman, “(Yaitu) ubun-ubun yang mendustakan lagi durhaka.” (Al-‘Alaq: 16)

Bagaimana mungkin ubun-ubun disebut berdusta sedangkan ia tidak berbicara? Dan bagaimana mungkin ia disebut durhaka sedangkan ia tidak berbuat salah?

Prof. Muhammad Yusuf Sakr memaparkan bahwa tugas bagian otak yang ada di ubun-ubun manusia adalah mengarahkan perilaku seseorang. “Kalau orang mau berbohong, maka keputusan diambil di frontal lobe yang bertepatan dengan dahi dan ubun-ubunnya. Begitu juga, kalau ia mau berbuat salah, maka keputusan juga terjadi di ubun-ubun.”

Kemudian ia memaparkan masalah ini menurut beberapa pakar ahli. Di antaranya adalah Prof. Keith L More yang menegaskan bahwa ubun-ubun merupakan penanggungjawab atas pertimbangan-pertimbangan tertinggi dan pengarah perilaku manusia.

Dalam kaitannya dengan ilmu analisa sidik jari, bagian frontal lobe ternyata berhubungan dengan fungsi berpikir dan mental yang diasosiasikan pada ibu jari dan jari telunjuk dimana frontal lobe sendiri terdiri dari inferior dan superior lobe.
  1. Inferior frontal lobe/post frontal (fungsi pemikiran) : pemikiran rasional, logika, penalaran,komunikasi,ide, imajinasi dll.
  2. Superior frontal lobe/pre frontal (fungsi mental) : perencanaan, manajemen diri, refleksi diri, kepemimpinan, visi/misi, bersosialisasi dll.
Dengan demikian, terbuktilah bahwa sidik jari berkaitan dengan otak karena teorinya saling mendukung. Dalam Al Quran, bagian frontal lobe disebutkan bertanggung jawab terhadap pengambilan keputusan dan dalam ilmu sidik jari pun frontal lobe juga diasosiasikan dengan sidik jari yang bertanggung jawab terhadap pengambilan keputusan (fungsi pemikiran dan fungsi mental).
Sumber : sidikjariindonesia.com
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar