Beda Orang Berilmu dan Orang Tak Berilmu

ORANG berilmu dengan orang yang tidak berilmu tentu berbeda. Dalam segala hal orang berilmu tentunya harus lebih baik dari orang yang tidak berilmu. Misalnya, dalam hal berakhlak,orang yang berilmu harus lebih baik,terpuji,dan mulia akhlaknya daripada orang yang tidak berilmu. Orang yang berilmu harus lebih berakhlakul karimah ketimbang orang yang awam.

Orang yang berilmu itu tentu lebih banyak tahu,mana yang baik dan mana yang buruk ,mana yang terpuji dan mana yang tercela,mana yang harus di lakukan dan mana yang harus di tinggalkan. Ini tentu berbeda dengan orang awam yang tidak tahu ilmunya.

Namun bagaimana jika ada orang yang sudah tahu ilmunya,banyak ilmunya, namun akhlaknya kalah baik dengan orang yang tidak berilmu? Orang yang sudah paham mana yang baik dan mana yang buruk, sudah mengerti dan paham bagaimana seharusnya dia bersikap ,sudah tahu apa dan bagaimana yang seharunya dilakukan tapi ilmunya, mengertinya, pahamnya terhadap apa dan bagaimana itu tak pernah d wujudkan di dalam sikap dan perbuatannya.

Sikap dan perbuatan adalah cerminan dari ilmu yang dimiliki seseorang.Jika sikap dan perbuatan tidak sejalan dengan ilmu dan pengetahuannya, itu berarti ilmunya tidak berfaidah bagi dirinya sendiri. Ilmu yang dimiliki hanya mengendap di otaknya, sekadar wacana dan pemuas pikiranya. Dan itu berarti ilmunya tidak mampu menyelamatkan dirinya sendiri.

Orang yang berilmu tentu dosanya akan lebih besar dari yang tidak berilmu ketika keduanya melakukan pebuatan maksiat yang sama. Pantas kalau Ali bin abi Thalib pernah berkata, “Sesungguhnya yang disebut orang alim (berilmu) adalah orang yang beramal dengan ilmunya dan yang ilmunya sesuai dengan amalnya’’. Wallahu a’lam bish shawab.
Sumber :  www.islampos.com
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar