Tips Khatam Qur'an Selama Ramadhan



Qiroati Pusat - Ramadhan tinggal sebentar lagi. Banyak yang menargetkan agar dalam bulan Al Qur'an ini bisa mengkhatamkan tilawah Al Qur'an, minimal satu kali. Harapannya, agar selama Ramadhan ini, intensitas bacaan Qur'an meningkat dibandingkan bulan-bulan selain Ramadhan.

Bagaimana caranya supaya niat tersebut bisa tercapai? Silakan dicoba beberapa tips berikut.

1. Istiqomah membaca Al-qur'an setiap hari di luar bulan Ramadhan

Ini termasuk tahap persiapan, artinya sebelum Ramadhan tiba kita harus sudah membiasakan diri membaca Al Qur'an, sehingga dalam bulan Ramadhan tidak mulai men-starter diri dari nol. Demikian pula, harus rutin mempelajari tajwid, makharijul huruf, dan ilmu-ilmu penunjang tilawah lainnya, sehingga bacaan Qur'an kita akan lebih lancar.


2. Membaca Al Qur'an setiap selesai sholat lima waktu

Selalu sempatkan baca Qur'an tiap usai shalat. Jika usai shalat wajib kita membaca 1,5-2 halaman, maka dalam sehari satu juz terselesaikan. Belum lagi jika kita menambah shalat sunnah dan tilawah setelahnya, maka dalam sehari kita bisa membaca lebih banyak lagi.


3. Memperbanyak membaca Al Qur'an saat tenaga full terisi

Misalnya, usai sahur dan menunggu waktu Subuh, atau di waktu Dhuha, atau usai shalat Isya' dan Tarawih.


4. Menciptakan suasana nyaman saat sedang membaca Al Qur'an

Bisa dengan mencari pakaian yang nyaman, ruangan yang bersih, maupun dengan menyalakan kipas angin agar tidak gerah.


Selain itu, Anda bisa menambahkan tips khusus yang sesuai dengan kesibukan dan karakter Anda. Jangan lupa juga untuk belajar mendalami isinya, sehingga bacaan Qur'an kita juga bisa dipahami dan diamalkan.

Disadur dari: indachakim.com
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar