Ayat Al-Quran Mensejajarkan Zakat Dengan Perintah Sholat


Qiroati Pusat - Sejak jaman kepemimpinan Rasulullah Muhammad SAW, masyarakat Islam telah diperintahkan untuk membayar zakat dalam rangka meningkatkan perekonomian umat. Perintah zakat fitrah dan zakat harta tetap berlaku sampai saat ini dan makin terasa manfaatnya bagi usaha peningkatan perekonomian suatu bangsa. Hikmah zakat meliputi dimensi sosial dan dimensi ekonomi suatu bangsa.

Terlebih lagi di tengah berlangsungnya era globalisasi saat ini, praktek riba sangat merugikan masyarakat kelas ekonomi bawah. Riba merupakan ajaran setan untuk memperkaya diri sendiri dengan jalan menyengsarakan orang lain. Ibadah zakat produktif berperan menghapus pengaruh riba sehingga kaum dhuafa dapat hidup mandiri dengan usaha mereka sendiri.

Demikian pentingnya perintah membayarkan zakat bagi umat Islam sehingga Al-Quran menuliskan dalam 27 ayat yang mensejajarkan zakat dengan perintah sholat. Salah satu ayat tersebut adalah Surat Al-Baqarah ayat 43 yang artinya:

"Dan  dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku."

Sholat merupakan tiang agama. Dari kesejajaran perintah zakat dan sholat di atas kita bisa memaknai bahwa zakat juga merupakan salah satu tiang agama. Zakat mampu memperkokoh kehidupan masyarakat Islam sehingga tercapai kesejahteraan dan solidaritas bersama.

Zakat produktif menjadi modal penting dalam pembangunan masyarakat Islami berdasarkan hukum Islam. Zakat juga mampu meningkatkan jumlah lapangan kerja sehingga perekonomian masyarakat bergerak menuju ke arah yang lebih baik. Bila Anda termasuk muslim yang rajin sholat, tentu Anda tidak akan lupa membayar zakat. Mari bersihkan harta dan kekayaan kita dengan jalan berzakat!


Sumber: zakat.or.id
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar