7 Tips Perbaiki Hubungan Kita dengan Qur'an


Qiroati Pusat – Seberapa rutin kita menyentuh Al Qur'an? Jarang? Ataukah, kita membaca Al Qur'an setiap hari, tetapi ternyata tidak ada efeknya bagi diri kita? Cobalah tips berikut.


1. Periksa Hati

Kunci untuk mendapatkan berkah dari Al Qur'an adalah dengan memeriksa hari kita terlebih dahulu, bahkan sebelum kita membuka kitabullah. Tanyakan pada diri sendiri, danjawablah dengan jujur, mengapa saya membacanya? Apakah sekadar untuk memperoleh beberapa pengetahuan, lalu membiarkannya menjauh darikita nantinya?

Ingatlah, bahwa Rasulullah SAW digambarkan oleh istrinya sebagai "Al Qur'an berjalan". Dengan kata lain, beliau tidak sekadar membaca dan melafalkan isi Al Qur'an, tetapi juga menjadikannya bagian dari hidup kita, menjalani kandungan-kandungannya.


2. Ambil Wudhu

Berwudhu berarti mempersiapkan fisik dan mental yang mengingatkan kita bahwa kita tidak sedang membaca buku sembarangan. Kita sedang akan berinteraksi dengan Tuhan, jadi bersuci harus menjadi prioritas ketika kita ingin berkomunikasi dengan-Nya.


3. Membaca Hanya 5 Menit Per Hari

Seringnya, kita berpikir bahwa membaca Al Qur'an harusnya minimal satu jam penuh. Kalau kita tidak terbiasa membacanya dengan teratur, satu jam jelas terlalu banyak. Mulailah dengan lima menit saja per harinya. Kalau ini rutin lakukan, insyaAllah lama-lama lima menit itu akan bertambah menjadi sepuluh menit, setengah jam, lalu satu jam, atau mungkin bahkan lebih!


4. Pastikan Kita Paham Bacaannya

Lima menit membaca Al Qur'an yang berbahasa Arab itu bagus, tetapi kita juga perlu memahami apa sedang kita baca. Pakai mushaf Al Qur'an dengan terjemahan yang baik dan dalam bahasa yang paling mudah dipahami. Senantiasalah mencoba membaca terjemahan dari apa yang telah kita baca hari itu.


5. Ingat, Quran Lebih Interaktif daripada CD

Pernah dengar CD interaktif? Atau program dan aplikasi-aplikasi lain yang menawarkan interaksi dengan user? Di zaman gadget ini, banyak orang menganggap buku itu pasif dan membosankan. Tetapi, Al Qur'an tidak seperti itu. Ingatlah, bahwa ketika kita membaca Al Qur'an, kita sedang berinteraksi dengan Allah: Dia sedang berbicara pada kita, jadi perhatikan.


6. Tak Hanya Baca, Dengarkan Juga

Di zaman serba digital ini, dengan mudah kita dapati rekaman Al Qur'an, sebagian lengkap dengan terjemahannya. Cobalah install rekaman murottal tersebut ke dalam perangkat kita, lalu bisa dengarkan saat sedang berkendara, misalnya. Yang perlu diingat, aktivitas mendengarkan ini adalah aktivitas tambahan, bukan pengganti dari membaca Qur'an.


7. Berdoa

Mintalah Allah untuk membimbing kita saat membaca Al Qur'an. Niat kita ikhlas, demi cinta Allah, berinteraksi dengan-Nya dengan membaca, memahami, dan mengamalkan firman-firman-Nya yang penuh berkah. Berdoa kepada Allah untuk menolong dan membimbing kita adalah cara terbaik untuk terus memperbaiki hubungan kita dengan Al Qur'an.




[soundvision.com]
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar