Ayat Al Qur'an Turun tanpa Sebab


Qiroati Pusat – Imam Ibnu Utsaimin dalam kitabnya Ushul fi Tafsir menjelaskan bahwa dilihat dari turunnya ayat al-Quran, beliau mengatakan sebagai berikut. Turunnya al-Quran dibagi menjadi 2:
  1. Ayat ibtida’i, yaitu ayat yang turunnya tidak didahului sebab yang melatar-belakanginya. Dan inilah umumnya ayat dalam al-Quran.
  2. Ayat sababi, yaitu ayat yang turunnya didahului sebab yang melatar-belakanginya. (Ushul fi Tafsir, hlm. 10).

Keterangan yang lain juga disampaikan oleh Dr. Solah as-Shawi, "Tidak semua ayat dalam al-Quran memiliki sabab nuzul. Ada yang memiliki sebab nuzul, dan ada yang turun tanpa sebab, untuk menjelaskan aturan syariat, keterangan-keterangan, mauidzah, dan nasehat."

Salah satu diantaranya surat Al An'am. Dalam hadis dari Ibnu Umar Radhiyallahu ‘anhuma, secara marfu'.

"Turun kepadaku surat al-An’am, satu surat sekaligus. Diiringi oleh 70.000 malaikat. Mereka menyuarakan tasbih dan tahmid." (HR. Thabrani dalam al-Mu’jam al-Ausath no. 3316 dan Abu Nua’im dalam al-Hilyah, 3/44 dan di sana ada perawi bernama Yusuf bin Athiyah as-Shaffar dan dia dhaif).

Dalam riwayat lain dari Jabir bin Abdillah Radhiyallahu ‘anhuma, beliau mengatakan, "Ketika turun surat al-An’am, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bertasbih. Kemudian beliau mengatakan, 'Sungguh, ada malaikat yang jumlahnya menutupi ufuq yang mengiringi turunnya surat ini.'" (HR. Hakim 2/314, dan al-Baihaqi dalam Syu’abul Iman, no. 2431)

Karena itu, tidak semua ayat dalam al-Quran bisa dicari sabab nuzulnya. Allahu a’lam.



[konsultasisyariah.com]
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar