Agar Anak Hafal Qur'an


Qiroati Pusat – Memiliki anak seorang hafidz (penghafal Al Qur'an) merupakan berkah bagi orang tua. Salah satu berkahnya ialah dibangunkannya rumah di surga bagi orang tua yang memiliki putra/putri seorang hafidz.

Tetapi mendidik anak agar bisa menghafal Al Qur'an bukan hal yang mudah. Langkah-langkahnya sudah harus dimulai bahkan sejak anak dalam kandungan, dengan senantiasa memperdengarkan bacaan Qur'an pada si janin.

Begitu sudah lahir, ada beberapa tips yang bisa dicoba. Kami telah mengumpulkannya dari beberapa sumber.


1. Bayi (0-2 tahun)

Bacakan ayat-ayat Al Qur'an dari surat Al Fatihah, tiap pagi, siang sore, dan malam. Tiap satu surat diulang minimal tiga kali dalam satu waktu.


2. Di atas 2 tahun

Lakukan cara yang sama dengan cara untuk bayi. Jika kemampuan bicaranya masih kurang, tambah waktu menghafalnya, misal yang semila 5 hari jadi 7 hari. Sering-sering pula perdengarkan murattal padanya.


3. Di atas 4 tahun

Mulai atur konsentrasi dan waktu menghafalnya dengan serius. Anak pada usia ini sudah bisa mulai diajari untuk menghafal dan muraja'ah sendiri, sehari setidaknya 3-4 kali. Berikan motivasi agar semangatnya selalu terjaga.


Semoga Allah menganugerahkan kepada kita rumah di surga dari anak kita yang hafidz(ah).
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar