Profil Beberapa Qari' Ternama (Bagian 1)


Qiroati Pusat – Di antara cara untuk semakin mendekatkan diri pada Al Qur'an adalah dengan mendengarkan bacaannya. Kadang-kadang untuk mengisi waktu senggang, atau sembari melakukan aktivitas yang tidak membutuhkan fokus telinga, mendengarkan murattal dapat mengisi jiwa kita sehingga tidak kosong. Selain itu, mendengarkan murattal juga bisa membantu kita menghafal ayat-ayat Al Qur'an.

Ada banyak sekali qari' yang memiliki nada bacaan yang berbeda-beda, namun tetap dengan tajwid dan cara baca yang benar dan tepat. Soal nada, termasuk kecepatan bacaan, itu memang tergantung selera. Dalam artikel ini, kami merangkum profil beberapa qari' yang bisa Anda pilih untuk dengarkan murattal-nya, dari berbagai sumber.

1. Syaikh Sa'ad Al Ghomidi

Beliau bernama Syaikh Sa'ad Al-Ghamidi (Arab: سعد الغامدي) adalah salah seorang qari' dan imam besar Masjidil Haram Mekkah yang sangat terkenal dunia. Beliau berkebangsaan Arab Saudi, lahir di kota Dammam pada 19 Jumadal Ula tahun 1387 Hijriah bertepatan dengan 1967 Masehi.

Syaikh Sa'ad Al-Ghomidi memulai belajar ilmu-ilmu keislaman di kota kelahirannya Dammam. Sebagai penuntut ilmu, Saad Al Ghamidi sangat aktif. Beliau sering berpartisipasi dalam lingkaran penghafal Al-Qur'an. Kemudian pada tahun 1410 Hijiriyah Syaikh Sa'ad Al Ghomidi lulus dari Universitas Al-Imam Muhammad bin Saud Al-Islaamiyah pada fakultas Ushuuluddiin (pokok-pokok agama). Dan pada tahun 1415/1417 Hijriyah, Syeikh Sa'ad Al-Ghomidi memperoleh gelar Sarjana dalam sanad qira'ah riwayat Hafsh 'an Ashim.


2. Syaikh Misyari Rasyid

Syaikh Misyari Rasyid Al-Afasy (Arab: مشاري بن راشد العفاسي) adalah seorang hafiz dan imam berkebangsaan Kuwait. Beliau diakui atas suara yang indah dan pembacaan unik Quran. Banyak reciters datang untuk meniru gaya bacaannya.

Syaikh Misyari Rasyid belajar Quran di College of the Holy Quran di Universitas Islam Madinah. Beliau hafal seluruh Quran dalam dua tahun 1992-1994 dan kemudian belajar yang mengkhususkan diri dalam sepuluh pembacaan Al-Qur'an. Beliau adalah Imam dari Grand Mosque (Kuwait), dan setiap Ramadhan memimpin Shalat Tarawih di Masjid ini. Beliau sangat sering memimpin doa Tarawih di UAE dan negara-negara tetangga lainnya di Teluk.


3. Syaikh As-Sudais

Syaikh Abdur Rahman Al Sudais (Arab: الشيخ عبد الرحمن بن عبد العزيز بن عبد الله بن محمد السديس‎), atau lebih dikenal dengan nama Syaikh As-Sudais, adalah salah satu Imam Masjidil Haram Mekah yang termasyhur. Umat Islam di seluruh dunia sangat menaruh hormat pada Imam Masjidil Haram, lebih-lebih kepada beliau.

Syaikh As-Sudais telah menghafal al-Qur'an pada usia 12 tahun, dan menghafal al-Qur'an dari banyak guru di Riyadh atas bimbingan Syaikh Abdurrahman bin Abdullah Alu Faryan. Beliau juga belajar dari Syaikh al-Muqri Muhammad Abdul Majid Dzakir dan Syaikh Muhammad Ali Hasan. Dan lulus dari sekolah tersebut dengan membaca al-Qur'an menggunakan qira'at Hafs dari Ashim pada tahun 1979/1399 H dengan predikat sangat baik, kemudian melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi.

Pada tahun 1408 H, beliau menyelesaikan studi magisternya dengan predikat cumlaude dari Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud, Fakultas Syari'ah Jurusan Ushul Fiqih. Kemudian beliau menyelesaikan studi doktoralnya di Universitas Umm Al-Qura dengan predikat Cum Laude, kemudian disertasinya yang berjudul Studi dan Penelitian Kitab al-Wadhih fi Ushulul Fiqh karya Abu al-Wafa bin 'Aqil al-Hanbali dicetak pada tahun 1416 H. Dalam menulis disertasinya beliau dibimbing oleh Prof. Ahmad Fahmi Abu Sanah, dan sidang disertasinya dipimpin oleh Dr. Abdullah bin Abdul Muhsin at-Turki, Sekretaris Jenderal Rabithah al-'Alam al-Islami dan Dr. Ali bin Abbas al-Hakami, Direktur Pascasarjana Fakultas Syari'ah Universitas Umm Al-Qura. Beliau mendapatkan gelar Profesor bidang Ushul Fiqih atas penelitiannya dengan judul Permasalahan-permasalahan Ushul Fiqih yang terkait dengan dalil-dalil syar'i yang dipertentangkan Ibnu Qudamah al-'Azali.


...bersambung...
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar