Profil Beberapa Qari' Ternama (Bagian 3–Habis)


Qiroati Pusat – Di antara cara untuk semakin mendekatkan diri pada Al Qur'an adalah dengan mendengarkan bacaannya. Kadang-kadang untuk mengisi waktu senggang, atau sembari melakukan aktivitas yang tidak membutuhkan fokus telinga, mendengarkan murattal dapat mengisi jiwa kita sehingga tidak kosong. Selain itu, mendengarkan murattal juga bisa membantu kita menghafal ayat-ayat Al Qur'an.

Ada banyak sekali qari' yang memiliki nada bacaan yang berbeda-beda, namun tetap dengan tajwid dan cara baca yang benar dan tepat. Soal nada, termasuk kecepatan bacaan, itu memang tergantung selera. Dalam artikel ini, kami merangkum profil beberapa qari' yang bisa Anda pilih untuk dengarkan murattal-nya, dari berbagai sumber.

7. Muhammad Thaha Al Junaid

Muhammad Thaha al Junaid adalah salah seorang Qari yang terkenal dengan suara emasnya. Bahkan kadang dijuluki sebagai qari dengan "suara dari syurga" oleh orang-orang Arab. Debut pertama Muhammad Thaha al Junaid dimulai dari usia kecil, suaranya yang lembut dan lucu sebagai anak kecil membuatnya banyak disukai oleh banyak orang, terutama oleh anak-anak dan oleh para orang tua yang ingin membiasakan anak-anaknya mendengar al-Qur’an sedari kecil.


8. Syaikh Salah Al Budair

Salah Al Budair (Salah Ibn Mohamed Al Budair) Lahir di Al Hafhouf di Arab Saudi, adalah Imam tetap Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi. Dia adalah kakak tertua dari Cheikh Nabil.

Salah Al Budair mulai memimpin doa saat ia masih di sekolah tinggi, pada 1406 Hijriah (1985).Salah Cursus akademik  membawanya ke Al Oum Mohamed Ben Saud Islamic University untuk studi Syariah itu. ternyata, ia terdaftar di Institut Tinggi kehakiman.

Cheikh Salah Al Budair memegang jabatan imam di Addamam, Arryad dan akhirnya di Al Madina, Masjid Nabawi.


9. Syaikh Shalah Bukhatir

Syaikh Shalah Bukkhatir adalah salah satu qari' al Qur’an yang terkenal dengan suaranya yang merdu dan lembut. Beliau berasal dari United Arab Emirates (Uni Emirat Arab). Syaikh Shalah Bukhatir berhasil menghafal al-Qur’an sejak usia kecil. Suaranya yang lembut dan merdu membuatnya sangat terkenal dan disukai oleh banyak orang.

salah-bukhatirKualitas suaranya yang baik tersebut membuatnya menjadi terkenal dan membawanya ke Saudi Arabia, dan sempat menjadi imam di masjid Syaikh Sa’ud al Qassimi dan juga di Masjid Nabawi. Beliau juga sempat diundang oleh berbagai saluran TV dan Radio di berbagai negara Islam. Satu hal yang menarik adalah, suara beliau sering dianggap mirip dengan suara Syaikh Abdurrahman As Sudais.



Selain qari' di atas, masih banyak qari' lain. Anda bisa mencari tahu lebih banyak lagi informasi tentang mereka.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar