7 Cara Mengatasi Kesulitan Mengajarkan Anak Ngaji


Qiroati Pusat – Mengaji adalah kewajiban bagi setiap muslim. Seperti pada surat Al Muzammil ayat 20 yang berbunyi, "karena itu bacalah apa yang mudah dari Al-Qur’an...."

Kewajiban orang tua salah satunya adalah mengajarkan dan membiasakan anak ngaji setiap hari. Sudahkah? Atau, sulitkah? Mumpung si kecil masih kecil, yuk kita biasakan. Agar anak suka mengaji lakukan beberapa cara berikut ini.


Waktu Mengaji

Carilah waktu yang cocok untuk mulai membiasakan si kecil mengaji. Atur jadwal si kecil dengan sebaik-baiknya, dan sebelumnya, beri penjelasan kepada si kecil mengenai jadwal yang akan dilaksanakan tersebut. Kapan si kecil boleh bermain, kapan wajib beristirahat, kapan belajar, makan, mandi dan aktifitas harian lainnya


Penjelasan Kenapa Harus Mengaji

Berilah arti yang jelas dan padat mengenai argumen mengapa si kecil wajib belajar mengaji. Dan mengapa ia wajib meluangkan sedikit waktunya untuk mengaji dan ibadah-ibadah yang lainnya. Melakukan komunikasi dan bertukar pendapat atau pikiran kepada si kecil agar memperoleh cerminan mengenai pendapat si kecil atas apa yang dikerjakan. Si kecil juga bakal terbiasa mengeluarkan unek-uneknya dan ia bakal merasa dihargai. Jadi perlahan-lahan ia bakal berusaha untuk mengikuti apa yang kita paparkan


Keteladanan Orang Tua

Keteladanan. Si kecil pasti bakal meniru orangtuanya. Apa yang dikerjakan oleh orangtuanya pasti bakal lebih bisa mengecap di otaknya dibandingkan yang orang lain perbuat. Untuk menanamkan kebiasaan baik, kita wajib terlebih dahulu mencontohkannya terhadap si kecil. Bahkan dengan mencontohkannya saja, si kecil bakal dan merta mengikuti tanpa wajib kita perintahkan terlebih dahulu. Sebab si kecil merupakan peniru ulung. Ada saja hal-hal yang bisa ditirunya.


Al-Qur'an Pilihan

Ciptakan suasana yang selalu ada dengan Al-Qur'an. Misalnya; memperdengarkan murattal dan mendekatkan si kecil dengan orang-orang yang juga suka mengaji atau membaca Al-Qur'an. Berilah penjelasan kepada si kecil mengenai kelebihan orang yang suka membaca Al-Qur'an.


Disiplin dan Konsisten

Disiplin dan konsisten dalam membiasakan dan mengajarkan si kecil mengaji. Jika si kecil sedang tidak mood, berilah rangsangan agar si kecil mau belajar membaca Al Quran. Berkreasilah dalam mengelola mood si kecil dengan melakukan aneka tutorial pembelajaran. Bisa dengan suasana santai, dan tak memberatkan si kecil.


Sabar dan Kreatif Belajar Mengaji

Apabila nyatanya si kecil belum lancar mengaji, ajarkanlah dengan berangsur-angsur dan dengan kesabaran ekstra. Gunakan metode pembelajaran yang beraneka ragam jadi tak membuat si kecil jenuh. Kini ini tak sedikit sekali perkembangan tutorial membimbing si kecil dan juga media pembelajaran yang terus beragam. Tugas kita bakal terbantu dengan keberadaan media-media tersebut


Rewards

Berbagi apresiasi setiap kali si kecil melakukan hal baik dan mengaji. Apresiasi yang dimaksudkan merupakan sesuatu yang sifatnya tulus dan menentramkan, sehigga si kecil semangat untuk mengulang kebaikan tersebut.


Melatih si kecil untuk meperbuat hal-hal baik itu pasti menjadi sesuatu yang tak bisa disepelekan. Sebab erat kaitannya dengan pembangunan karakter si kecil hingga nanti ketika si kecil dewasa. Karakter baik tersebut telah tertanamkan ke dalam jiwanya. Apalagi untuk menanamkan pembiasaan mengaji pada si kecil membutuhkan keseriusan, kesabaran dan perhatian orangtua. Dengan mengajari si kecil membaca Al-Qur'an, pastinya kita  juga wajib terlebih dahulu bisa membaca Al-Qur'an. Sebab apabila orang tuanya saja tak terbiasa membaca Al-Qur'an, bagaimana menyuruh si kecil mengaji? Orang tua adalah guru yang baik, untuk itu mulailah dulu dari kita atau diri sendiri, lalu mulai menularkannya terhadap si kecil. Menanamkan kebiasaan baik terhadap si kecil, wajib dari hati. Tak ada paksaan apalagi hingga mendzalimi hak anak.






[sygmadayainsani.co.id]
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar