Universalitas Alquran


Qiroati Pusat – Sebagian orang mengira bahwa Alquran diturunkan untuk menjadi petunjuk bagi jalan manusia saja. Pendapat yang salah yang disebabkan kurangnya pemahaman atas ayat-ayat Alquran.

Alquran tidaklah diturunkan, melainkan untuk menjadi petunjuk bagi alam semesta beserta isinya, sebagaimana Allah berfirman kepada Rasul-Nya, “Dan tidaklah kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.” (QS al-Anbiya: 107)

Maksud dari ‘semesta alam’ secara etimologi adalah semua benda selain Allah SWT. Maka arti dari ayat diatas menyatakan bahwa Alquran diturunkan untuk menjadi petunjuk bagi jin, manusia, bagi… bagi… atau bagi siapa saja yang kita ketahui dan yang kita tidak ketahui atau bagi siapa saja yang hanya diketahui oleh Allah SWT.

Selain itu, Alquran pun bersifat global ditinjau dari segi tempat dan waktu. Alquran diturunkan untuk menjadi petunjuk di semua tempat yang di dalamnya terdapat makhluk Allah dan berlaku untuk setiap waktu selama makhluk itu ada.

Alquran adalah kitab suci satu-satunya yang merupakan sumber petunjuk bagi semua makhluk dimana pun dan kapan pun. Ini berbeda dengan kitab suci lainnya yang diturunkan Allah sebelum Alquran. Kitab-kitab itu diturunkan untuk menyelesaikan problematika kehidupan bagi kaum tertentu yang dibatasi oleh waktu dan tempat.

Terlebih pada abad dimana kita hidup sekarang ini. Seiring dengan kemajuan yang dicapai oleh manusia, problema yang dihadapi di setiap tempat hampir sama bentuknya dan masa kejadiannya.

Batas antara satu wilayah dengan wilayah lain pun terasa hilang. Contohnya, jika seseorang ingin pergi ke Amerika dari Indonesia, maka pada hari itu juga ia sudah tiba di sana. Bahkan seseorang yang akan pergi ke bulan, transportasi untuk itu pun telah tersedia.

Problematika yang dihadapi manusia, seperti pengangguran, penguasa yang diktator, lemahnya penegakan hukum, dan lain-lain, hampir dialami oleh mayoritas bangsa yang ada di dunia ini. Karenanya, manusia seluruhnya membutuhkan solusi untuk menyelesaikan semua problematika ini dengan baik dan benar.

Dan untuk itu, hanyalah Alquran yang mampu memberikan solusi. Risalah Islam yang dikandungnya, adalah pesan bagi kemanusian seluruhnya tanpa dibedakan bangsa dan negaranya.

Hal itu tampak jelas dalam seruan Alquran yang menggunakan kata ‘wahai manusia’, seperti dalam firman Allah SWT berikut ini:

"Hai manusia bertakwalah kepada Tuhanmu." QS al-Hajj: 1). “Hai manusia kamulah yang berkehendak kepada Allah.” (QS Fathir: 15).

"Hai manusia jika kamu dalam keraguan tentang kebangkitan (dari kubur), maka (ketahuilah) sesunguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah." (QS al-Hajj: 5). (Ensiklopedi Petunjuk Sains dalam Alquran dan Sunah)




[republika.co.id]
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar