Bersegera dalam Ketaatan


Qiroati Pusat – "Mereka itu bersegera untuk mendapat kebaikan-kebaikan, dan merekalah orang-orang yang segera memperolehnya". (Qs.23:61).

Di antara sebab-sebab yang dapat menutupi kegalauan dan menghilangkan kesedihan adalah bersegera dalam ketaatan dan mengisi kehidupan dengan kesibukan perlombaan kebaikan. Mengapa? Karena biasanya orang yang galau adalah orang yang tidak punya "agenda", sedangkan orang yang sedih adalah orang yang selalu dibayang-bayangi dengan "penyesalan"...

Syaekh Zuhaily, mengatakan, "Mereka itu adalah orang-orang yang bersegera dalam amal2 ketaatan serta sangat senang dan sangat berambisi kepada amal2 ketaatan sehingga mereka senantiasa bersemangat untuk segera melaksanakannya. Dan mereka adalah orang-orang yang siap mengadakan perlombaan dan kompetisi demi amal ketaatan dan selalu mendahului orang lain dalam menjalankannya". (Tafsir Al-Munir).

Kata يسارعون (mereka bersegera) dan سابقون (berlomba) menunjukkan bahwa mereka memahami energi kebahagiaan itu ada pada suasana kompetisi kebersamaan (estafet) yang tidak terputus dari semangat generasi orang-orang shalih terdahulu (ingin mengejar ketertinggalannya).

Adapun ciri-ciri mereka adalah (lihat ayat-ayat sebelumnya) :

  1. Khusyu' kepada Rabbnya, sehingga selalu "terjaga" dalam wilayah ketaatan.
  2. Yakin kepada ayat-ayat Nya, baik ayat kauniyah (jiwa, fenomena kehidupan, langit dan bumi) dan ayat qauliyah (alqur'an dan hadits), sehingga melahirkan ketenangan hidup atas semua yang terjadi yang merupakan qadha dan qadar Allah swt.
  3. Tidak menyekutukan-Nya, yaitu sikap ikhlas dalam beribadah dan memurnikan keridhaan hanya untuk Allah swt dalam semua aktivitasnya.
  4. Mampu berkontribusi dengan segala kemampuan yang dimilikinya dan diikuti dengan sikap kehati2an (takut) khawatir kalau kontribusinya tidak memiliki nilai.


Syaikh Ash-shabuni, mengomentari dalam tafsirnya, "Ketahuilah bahwa urusan sifat-sifat di atas sangat indah... Itu adalah puncak maqam (kedudukan) para shidiqin, semoga Allah memberikan kemampuan itu kepada kita."



[Disarikan dari kajian Ustadz Rusmanto Al Hafizh, sumber]
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar