Faedah Surat Yasin: Pernahkah Kita Merenungkan Manfaat Hewan Ternak?


Qiroati Pusat – Pernahkah kita merenungkan manfaat hewan ternak? Ternyata hal ini sudah disebutkan dalam surat Yasin yang sudah biasa di antara kita baca.

Allah Ta'ala berfirman, "Dan apakah mereka tidak melihat bahwa sesungguhnya Kami telah menciptakan binatang ternak untuk mereka yaitu sebahagian dari apa yang telah Kami ciptakan dengan kekuasaan Kami sendiri, lalu mereka menguasainya?  Dan Kami tundukkan binatang-binatang itu untuk mereka; maka sebahagiannya menjadi tunggangan mereka dan sebahagiannya mereka makan. Dan mereka memperoleh padanya manfaat-manfaat dan minuman. Maka mengapakah mereka tidak bersyukur? Mereka mengambil sembahan-sembahan selain Allah, agar mereka mendapat pertolongan." (QS. Yasin: 71-74)



Kesimpulan Mutiara Ayat

  1. Disebutkan tentang manfaat hewan ternak yaitu sebagai hewan tunggangan, untuk makanan, untuk manfaat mendapatkan minum dari hewan ternak berupa susu.
  2. Nikmat-nikmat tadi diberikan supaya kita rajin bersyukur.
  3. Bentuk syukur adalah dengan mentauhidkan Allah, bukan menjadikan Allah memiliki sekutu atau berbuat syirik.
  4. Boleh menunggangi hewan yang penting tidak sampai menyiksanya atau memberatkannya.
  5. Apa yang Allah sebut boleh kita manfaatkan berarti halal untuk kita.
  6. Kita diperintah untuk rajin-rajin bertafakkur pada ciptaan Allah.




[rumaysho.com]
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar