Kumpulan Ayat Al Qur’an tentang Syetan dan Jin


Qiroati Pusat – Makhluk hidup di dunia adalah manusia, tumbuh-tumbuhan dan juga hewan. Di samping itu, terdapat makhluk Allah lainnya yang selalu ada berdampingan dengan manusia yaitu makhluk ruh. Yang termasuk pada makhluk ruh ini adalah syetan, jin, iblis  dan makhluk halus lainnya yang tidak nampak di hadapan manusia.

Terdapat Kumpulan Ayat Al Qur’an tentang Syetan dan Jinyang perlu kita ketahui. Seperti syetan, jin dan iblis diciptakan oleh Allah dari api, dan mereka selalu menggoda manusia untuk mengingkari Allah SWT. Sebaiknya kita pertebal iman dan ketakwaan kita agar tidak mudah dihasut oleh syetan dan jin.Hal ini pun disuratkan dalam,


1. Surah Al-A’raf ayat 27

يَا بَنِي آدَمَ لَا يَفْتِنَنَّكُمُ الشَّيْطَانُ كَمَا أَخْرَجَ أَبَوَيْكُمْ مِنَ الْجَنَّةِ يَنْزِعُ عَنْهُمَا لِبَاسَهُمَا لِيُرِيَهُمَا سَوْآتِهِمَا ۗ إِنَّهُ يَرَاكُمْ هُوَ وَقَبِيلُهُ مِنْ حَيْثُ لَا تَرَوْنَهُمْ ۗ إِنَّا جَعَلْنَا الشَّيَاطِينَ أَوْلِيَاءَ لِلَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ

“Hai anak Adam, janglah kamu sekali-kali tertipu oleh setan, sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapakmu (Adam dan Hawa) dari surga. Ia menanggalkan pakaian atas keduanya untuk memperlihatkan aurat kepada keduanya. Sesungguhnya ia dan pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang tidak bisa kamu lihat. Sesungguhnya Kami telah menjadikan setan tersebut pemimpin bagi orang yang tidak beriman.”

Syetan, Jin dan Iblis akan selalu menggoda manusia untuk masuk kedalam tindakan buruk dan tercela. Dan sampai kapanpun Iblis akan terus dendam pada anak cucu Adam.


2. Surat Al Isra ayat 62

قَالَ أَرَأَيْتَكَ هَذَا الَّذِي كَرَّمْتَ عَلَيَّ لَئِنْ أَخَّرْتَنِ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ لأحْتَنِكَنَّ ذُرِّيَّتَهُ إِلا قَلِيلا

“Iblis berkata; ‘Terangkanlah kepadaku inikah orang yang Engkau muliakan atas diriku? Sesungguhnya jika Engkau memberi tangguh kepadaku hingga hari kiamat, maka aku akan benar-benar menyesatkan keturunannya, kecuali sebagian kecil.”


3. Surat Al Isra Ayat 63

قَالَ اذْهَبْ فَمَنْ تَبِعَكَ مِنْهُمْ فَإِنَّ جَهَنَّمَ جَزَاؤُكُمْ جَزَاءً مَوْفُورًا

“Tuhan berfirman; ‘Pergilah, barang siapa di antara mereka yang mengikuti kamu, maka sesungguhnya neraka Jahannam adalah balasan kalian semua, sebagai balasan yang cukup.”


4. Surat Al Isra Ayat 64

وَاسْتَفْزِزْ مَنِ اسْتَطَعْتَ مِنْهُمْ بِصَوْتِكَ وَأَجْلِبْ عَلَيْهِمْ بِخَيْلِكَ وَرَجِلِكَ وَشَارِكْهُمْ فِي الأمْوَالِ وَالأولادِ وَعِدْهُمْ وَمَا يَعِدُهُمُ الشَّيْطَانُ إِلا غُرُورًا

“Dan hasunglah siapa yang kamu sanggupi diantara mereka dengan ajakanmu, dan kerahkanlah mereka pasukan berkudan dan pasukanmu yang berjalan kaki dan berserikatlah dnegan mereka pada harta dan anak-anak dab berjanjilah pada mereka. Dan tidak ada yang dijanjikan oleh setan kepada mereka kecuali dengan tipu daya.”


5. Surat Al-Kahfi ayat 50

وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلَائِكَةِ اسْجُدُوا لِآدَمَ فَسَجَدُوا إِلَّا إِبْلِيسَ كَانَ مِنَ الْجِنِّ فَفَسَقَ عَنْ أَمْرِ رَبِّهِ ۗ أَفَتَتَّخِذُونَهُ وَذُرِّيَّتَهُ أَوْلِيَاءَ مِنْ دُونِي وَهُمْ لَكُمْ عَدُوٌّ ۚ بِئْسَ لِلظَّالِمِينَ بَدَلًا

“Dan ingatlah ketika Kami berfirman kepada para malaikat: ‘Sujudlah kamu kepada Adam’, maka sujudlah mereka kecuali iblis. Dia adalah dari golongan jin, sehingga ia mendurhakai Tuhannya. Patutkah kamu mengambil dia dan turunannya sebagai pemimpin selain daripadaku, sedang mereka adalah musuhmu? Amat buruklah iblis itu sebagai pengganti (Allah) bagi orang yang lalim.”



[ummi-online.com]
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar