Keutamaan Surah Al-Waqiah, Ar-Rahman, As-Sajdah, dan Al-Mulk

Sumber : KabarMakkah.Com

Qiroati Pusat – Keutamaan Surah Al-Waqiah, Ar-Rahman, As-Sajdah, dan Al-Mulk

Bismillahirrahmanirrahim

Ke-4 surah tersebut dalam judul di atas begitu besar manfaatnya bagi si pembaca, maka marilah kita berlomba-lomba untuk beristiqomah membacanya, menghayati artinya, lebih-lebih bila bisa kita jadikan wirid setalah shalat 5 waktu, namun bukan berarti surah-surah Al-Quran yang lain kita diamkan, sudah merupakan kewajiban bagi umat islam untuk selalu membaca, menghayati isinya, dan mempraktekkan dalam kehidupan sehari hari.

Beberapa riwayat dari para Sahabat Nabi Muhammad SAW:

1. Surah Al-Waqiah ( Qs. 56)

Ubay bin ka'b berkata bahwa Rasullulah saw bersabda: Barang siapa yang membaca surat Al-Waqiah, ia akan dicatat tidak tergolong pada orang-orang yang lalai.

Abdullah bin Mas'ud berkata bahwa Rasullulah saw bersabda Barang siapa yang membaca surat Al-Waqiah, ia tidak akan tertimpa oleh kefakiran selamanya.

Imam Ja'far Ash- Shadiq berkata : Barang siapa yang membaca surat Al-Waqiah pada malam jumat, ia akan dicintai oleh Allah, dicintai oleh manusia, tidak melihat kesengsaraan, kefakiran, kebutuhan, dan penyakit dunia, surat ini adalah bagian dari sahabat Amirul Mukimin (sa) yang bagi beliau memiliki keistimewan yang tidak tertandingi oleh yang lain.

Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata: Barang siapa yang membaca surat Al-Waqiah sebelum tidur, ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama.

2. Surah Ar-Rahman (Qs. 55)

Rasullulah SAW bersabda: Barang siapa yang membaca surat Ar-Rahman, Allah akan menyayangi kelemahannya dan meridhai nikmat yang dikaruniakan kepadanya.

Imam Ja'ar Ash-Shadiq (sa): Barang siapa yang membaca surat Ar-Rahman, dan ketika membaca kalimat Fabiayyi alai Rabbikuma tukadzdziban ia mengucapkan La bisyay-in min alaika rabbi akadzibu (tidak ada satupun nikmat-Mu duhai Tuhanku yang aku dustakan), jika saat membacanya itu pada malam dan siang hari kemudian ia mati, maka matinya seperti matinya orang yang syahid.

3. Surah As-Sajadah (Qs. 32)

Imam Jafar Ash-Shadiq (sa) berkata: Barang siapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surat Al-Waqiah, dan barang siapa yang ingin melihat sifat neraka, maka bacalah surat As-Sajadah.

4. Surah Al-Mulk (Qs. 67)

Ibnu Abbas berkata: Pada suatu hari ada seseorang menghampar jubahnya di atas kuburan dan dan ia tidak tahu bahwa tempat itu adalah kuburan, ia membaca surat Al-Mulk, kemudian ia mendengar suara jeritan dari dalam kuburan itu: inilah yang menyelamatkan aku. Kemudian kejadian itu diceritakan kepada Rasullulah SAW, lalu beliau bersabda: surat Al-Mulk dapat menyelamatkan penghuni kubur dari azab kubur.

Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata: surat Al-Mulk adalah penghalang dari siksa kubur, surat ini termaktub di dalam taurat, barang siapa yang membacanya di malam hari ia akan memperoleh banyak manfaat dan kebaikan. Sungguh aku membacanya dalam shalat sunnah sesudah Isya dalam keadaan duduk. Ayahku membacanya pada siang dan malam. Barang siapa yang membacanya, maka ketika malaikat Munkar dan Nakir akan masuk ke kuburnya dari arah kedua kakinya, kedua kakinya berkata kepada mereka: kalian tidak ada jalan kearahku, karena hamba ini berpijak kepadaku lalu ia membaca surat Al-Mulk pada siang dan malam hari; ketika mereka datang kepadanya dari rongganya, rongganya berkata kepada mereka: kalian tidak ada jalan kearahku, karena hamba ini telah menjagaku dengan surat Al-Mulk; ketika mereka datang kepadanya dari arah lisannya, lisannya berkata kepada mereka: kalian tidak ada jalan ke arahku, karena hamba ini telah membaca surat Al-Mulk setiap siang dan malam denganku.

Imam Muhammad Al-Baqir (sa): Bacalah surat Al-Mulk, karena surat ini menjadi penyelamat dari siksa kubur.


Dari riwayat-riwayat diatas bisa kita jadikan cambuk pada diri kita untuk istiqomah membaca, mempelajari, menghafalnya, merenungkan, dan kita tularkan kebaikan ini kepada keluarga (anak, istri) teman/sahabat agar rajin dan terbiasa dengan surah-surah tersebut, dan semua yang kita lakukan (Beristiqomah dalam melaksanakan/membaca surah-surah tersebut) hanyalah mengharap Ridho dari Allah SWT.

Subhanallahi wabihamdihi

Subhanallahiladhziim

Sumber



Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar