5 Manfaat dan Keutamaan Shalat Tahajud

5 Manfaat dan Keutamaan Shalat Tahajud

Qiroati Pusat – Muslim mana yang tidak ingin mendapat predikat muslim sejati di mata Allah? Pastinya semua muslim ingin terlihat beramal saleh dan bertakwa di hadapan pencipta-Nya kelak. Hal ini pula mungkin yang selalu dipikirkan oleh kaum muslimin dan muslimat di seluruh dunia. Sehingga tak jarang mereka selalu melakukan kewajiban serta sunnah secara sempurna. Begitu banyak sunnah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad guna menuntun kehidupan kaum muslim di muka dunia.


Salah satunya adalah sholat tahajud yang banyak dilakukan oleh kaum muslim di seluruh dunia. Sholat tahajud sendiri adalah shalat sunnah yang dikerjakan di malam hari setelah seseorang bangun dari tidur. Ibadah ini termasuk sunnah mu’akad, yaitu sunnah yang dikuatkan dengan syara’. Tak jarang banyak orang yang mengerjakannya di kala terbangun di tengah malam. Anda pun bisa mengerjakannya paling sedikit 2 rakaat dan sebanyak-banyaknya, tak ada batasan.

Waktu paling mustajab untuk melaukan shalat tahajud sendiri adalah 1/3 malam. Dimana para malaikat turun ke bumi dan Allah mengabulkan setiap doa hamba-Nya. Anda tak hanya mendapat imbalan pahala dari Allah, namun juga serentetan manfaat bagi kesehatan tubuh dan jiwa. Banyak orang mengatakan bahwa sholat tahajud diyakini memberi ketenangan dan kedamaian jiwa. Seseorang yang terbiasa bangun untuk sholat di tengah malam pastinya mampu mengontrol emosi.
Setidaknya, ada beberapa manfaat sholat tahajud yang disampaikan dalam penelitian, yaitu:

 1.  Penghapus dosa dan mencegah berbuat dosa
   Seperti yang disampaikan di atas, sholat tahajud adalah ibadah yang selalu dilakukan oleh orang-       orang shaleh. Ibadah ini mendekatkan diri seorang manusia kepada pencipta-Nya, Allah SWT. Bisa     dibilang sholat tahajud mampu menjadi media penghapus dosa seseorang. Mereka pun pastinya           memperkuat iman dan menjauhkan diri dari perbuatan dosa besar maupun kecil. Rasulullah SAW       pernah bersabda bahwa sholat malam adalah ibadah yang sering dilakukan oleh orang-orang               shaleh.    
   Ibadah ini dapat mendekatkan seseorang kepada Sang Pencipta, jalan menghapuskan dosa serta           mencegah muslimin untuk berbuat dosa.

2.     2.     Tanda takwanya terlihat di muka
   Orang yang selalu melaksanakan sholat tahajud akan terlihat bersinar wajahnya. Inilah yang                menjadi tanda bahwa seseorang tersebut bertakwa kepada Allah SWT. Tanda-tanda ketakwaan            tersebut selalu terlihat oleh orang-orang di sekitar mereka. Hal tersebut bisa jadi pelecut semangat      bagi kaum muslimin yang lain untuk selalu melaksanakan shalat tahajud. Shalat tahajud tetap              menjaga keimanan seseorang teguh kepada sang Maha Penyayang.

3.     3.   Melancarkan aliran darah di tubuh
   Sholat tahajud biasanya dilakukan pada pukul 03.00 pagi. Setiap muslim umumnya terbangun pada     jam tersebut untuk mengerjakan sholat tahajud dan beribadah pada Allah. Ibadah ini nyatanya tak       hanya sekedar berbagi keluh kesah, namun memberikan udara segara bagi seluruh organ tubuh.           Ketika itu, udara di atmosfer masih sangat segar dan dihirup oleh paru-paru. Tubuh kita pun                 menggerak-gerakkan seluruh otot yang membuat badan segar seketika dan seluruh aliran darah           terasa lancar. Oksigen segar akan menghilang ketika matahari terbit dan kembali pada pagi                 berikutnya. Hanya orang-orang yang terbangun untuk melaksanakan sholat tahajudlah yang bisa         merasakannya.

4.    4.   Membesarkan rongga paru-paru
   Manfaat gerakan shalat nyatanya memberikan efek positif bagi kesehatan manusia. Gerakan               takbiratul ihram yang diikuti dengan bersedekap sebenarnya membuka rongga paru-paru lebih             lebar.   
  Hal tersebut diketahui mampu memperlancar aliran udara menuju paru-paru. Kerap kali kita                merasakan paru-paru jauh lebih lapang daripada sebelumnya. Hal ini tidak bisa dipungkiri sebagai      salah satu olah napas yang sangat baik selain berolahraga.

5.   5.  Jaminan masuk surga
   Rasulullah pernah mengatakan bahwa siapapun yang melaksanakan shalat tahajud, maka jaminan       surga baginya. Hal ini sempat pula diriwayatkan dalam salah satu hadits, sebagaimana Nabi                 Muhammad SAW bersabda:
  “Wahai manusia, sebarkanlah salam, beri makanlah, sambung tali kasih, salat malamlah saat orang      pada terlelap, maka masuklah surga dengan selamat, “ (HR. Al-Hakim, Ibnu Majah, At-Tirmizy).


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar