Keutamaan membaca surat Al-Kahfi dihari Jum’at

 Keutamaan membaca surat Al-Kahfi dihari Jum’at

Qiroati Pusat – Surat Al Kahfi adalah salah satu surat yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat jika dibaca dan diamalkan dengan benar oleh umat Islam. Surat ini dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk dibaca umat Muslim pada hari Jum’at atau malam Jum’at. Sebenarnya tak harus hari Jum’at saja, namun sangat dianjurkan pada hari tersebut. Karena hari Jum’at adalah hari yang baik bagi umat Islam di seluruh dunia.

Berikut ini adalah 3 alasan kuat kenapa kita sebagai umat Islam jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan membaca Surat Al Kahfi dengan penuh penghayatan dan keikhlasan di hari Jum’at.

     1.Dapat Melindungi Kita dari Dajjal dan Segala Fitnahnya
`             salah satu keutamaan dan manfaat dari membaca surat Al-Kahfi setiap hari Jum’at atau malam Jum’at salah satunya adalah menghindarkan kita dari fitnah keji Dajjal. Karena fitnah Dajjal sangat kejam, dan dapat membawa kita kepada kesesatan dan neraka Jahanam. Hal tersebut diperkuat dengan hadits berikut ini, “Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya.” (HR Dailami).

      2. Kita Akan Mendapatkan Cahaya Penerang dari Allah
Manfaat membaca surat Al Kahfi dengan rutin di hari Jum’at atau malam Jum’at adalah agar Allah selalu melindungi hidup kita dengan cahaya keberkahan dan petunjuk dalam kehidupan ini. Sehingga walaupun ujian dan cobaan datang, kita tetap sabar dan kuat menghadapinya. Dalam sebuah hadits diriwayatkan, “Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad).
      3. Kita Akan Mendapatkan Ampunan dari Allah SWT
Salah satu waktu yang paling baik saat memohon ampunan kepada Allah adalah di hari Jum’at, dengan taubatan nasuha yang tulus, serta membaca surat Al Kahfi. Dalam sebuah riwayat Dari Abu Sa’id al-Khudri ra., dari Ibnu Umar ra., “Rasulullah SAW bersabda, ‘Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jum’at.’”.

Itulah beberapa manfaat dan keutamaan membaca surat Al-Kahfi dalam kehidupan kita. Semoga kita semua adalah golongan umat Islam yang berbondong-bondong untuk bersegera menyambut kebaikan dari Allah, sebagai bekal kehidupan kita di akhirat kelak.




Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar