Menikmati Indahnya Waktu Bersama Al-Qur’an

Menikmati Indahnya Waktu Bersama Al-Qur’an

Qiroati Pusat –  Al- Quran adalah sumber hukum, sumber kemuliaan. Jika seseorang menjadikan al quran sebagai pedoman hidup atau landasan hidup, maka tidak ada yang dia dapatkan selain dari pada kemuliaan.
Allah telah berfirman dalam Al Quran:

“ Sungguh telah kami turunkan kepadamu sebuah kitab ( Al Quran) yang didalamnya terdapat peringatan bagimu. Maka apakah kamu tidak mengerti ?” (QS Anbiya 10).
Dan barang siapa yang berpaling dari al quran maka allah akan memberikan kesempitan bagi hidupnya( QS Tahaa 124 ).

Karena itu hal yang paling penting dalam berinteraksi dengan Al Qur’an adalah bagaimana kita menjadikan alquran sebagai panutan, teman, atau pedoman hidup kita sehari hari.

Empat manfaat yang akan kita peroleh jika kita sering berinteraksi dengan Al Qur’an :
1. Melahirkan jiwa yang sabar.
    Banyak kisah yang dapat kita ambil dari pejuang islam, para syuhada. Mereka yang diintimidasi,        disiksa, di penjarakan, bahkan ada yan dibunuh. Namun kebersamaan mereka dengan alquran              membuat mereka menjadi lebih sabar, menjadikan mereka orang orang yang tabah. Mereka                  termasuk golongan orang orang yang beriman.
2.Melembutkan hati.
   Ulama akan mengatakan “ Sesungguhnya hati itu mengkristal sebagaimana mengkristalkan besi,          maka lembutkanlah ia dengan alquran. Orang yang sering berinteraksi dengan al quran maka              dia akan mempunyai hati yang lembut. Tidak mudah marah, karena apa? Karena mereka tahu              bahasannya marah adalah salah satu sifat yang dimiliki oleh setan.
3.Mengkokohkan hati.
   Difirmankan, dan semua kisah rasul rasul, Kami creitakan kepadamu ( Muhammad ), agzar                 dengan kisah itu kami teguhkan hatimu ( QS Hud:120 ). Orang yang sering berinteraksi dengan           alquran hatinya akan kokoh,imannya akan kuat, dan dia tidak mudah dipengaruhi oleh hal hal             yang berdampak negatif.
4.Sebagai nasihat ketika kita merasa sedih dan gundah
  Allah swt berfirman “ Wahai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu nasihat dari                     tuhanmu dan obat yang ada di dalam dada, petunjuk serta rahmat bagi orang orang yang beriman        ” ( QS Yunus 57 ).

Jika kamu merasa sedih dan resah, ingatlah bahwa kita punya tuhan (Allah) dan punya pedoman yaitu alquran. Bacalah Al Qur’an niscaya kamu akan mendapatkan sebaik baiknya solusi, karena hanyaAl Qur’an obat dari berbagai masalah hati.

Cara berinteraksi dengan Al-Qur’an

Hidup dengan Al Qur’an adalah kenikmatan yang tiada tara. Langkah pertama untuk mendapatkanya adalah dengan tilawah. “ Orang orang yang telah kami berikan kitab mereka senantiasa membacanya dengan sebenar benarnya bacaan ( haqqut tilawaah ), mereka itulah orang orang yang beriman kepadanya ( QS Al baqarah 121 ).
Haqqut tilawah dalam ayat adalah berfungsinya lisan, akal, dan hati ketika melantukan al quran. Lisan berfungsi dengan baik, ketika mampu mentaarttikannya. Berfungsinya akal adalah dengan memahami isi ayat yang dilanturkan. Sedangkan berfungsinya hati adalah dengan merenungkan nasihat nasihat yag terkandung didalamnya.


[sumber]

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar