Ini Manfaat Sholat bagi Kesehatan, Setiap Gerakannya Tersirat Manfaat

Ini Manfaat Sholat bagi Kesehatan, Setiap Gerakannya Tersirat Manfaat

Qiroati Pusat – Sudah menjadi kewajiban bagi umat Islam untuk menjalankan salat lima waktu.
Tak hanya sebagai sarana beribadah, gerakan salat juga diyakini memiliki manfaat bagi tubuh.
Sebelumnya ahli dari Universitas Binghamton New York, Prof.Muhammad Khasawneh pernah mengungkapkan studi berjudul "Studi Ergonomis Gerakan Tubuh dalam Shalat Pemodelan Manusia Digital" yang dipublikasikan dalam International Journal of Industrial and System Engineering.

"Gerakan-gerakannya mirip dengan yang ada pada latihan yoga atau terapi fisik untuk nyeri punggung," katanya.

Rupanya tak hanya itu saja. Berikut manfaat gerakan salat bagi kesehatan:
Takbiratul Ihram
Mengangkat kedua tangan sampai posisi tangan sejajar dengan bahu. Lalu didekapkan dibawah dada atau perut.
Manfaat : dapat memperlancar aliran darah dan getah bening didalam tubuh. Selain itu juga dapat memperkuat otot bagian tangan, dimana hal tersebut dikarenakan oleh gerakan mengangkat tangan yang dapat meregangkan otot bagian tangan.

Rukuk
Dimana posisi tubuh kita pada saat rukuk itu membungkuk dengan sudut 45 derajat dan posisi tangan membentuk siku dengan menahan ke bagian paha atau lutut kaki.
Manfaat : dapat menjaga struktur tulang belakang kita dalam posisi yang tegak atau sempurna, dan juga menjaga posisi saraf pusat tetap baik. Selain itu juga dapat memperlancar aliaran darah dari otak ke seluruh bagian tubuh.

I'tidal
Posisi tubuh kita bangkit dan berdiri tegak sesaat.
Manfaat : membuat pencernaan menjadi lebih bagus, karena gerakan ini berporos pada bagian perut yang terdapat bermacam-macam organ pencernaan, sehingga perut kita serasa sedang dipijat.

Sujud
Dahi menyentuh lantai dengan posisi kedua kaki ditekuk sedangkan tangan juga menyentuh ke lantai.
Manfaat : membuat aliran darah yang menuju ke otak menjadi lebih lancar, dan membuat daya berpikir seseorang akan menjadi lebih baik.
Disarankan : ketika sedang bersujud itu jangan tergesa-gesa atau menggunakan waktu sujud sedikit lebih lama. Sehingga aliran darah ke otak semakin baik.

Duduk Diantara Dua Sujud
Posisi ini sama dengan Tahiyatul Awal, dengan posisi duduk dengan kaki sebagai tumpuan.
Manfaat : dapat menghilangkan rasa nyeri pada bagian pangkal paha yang menjadikan seseorang itu akan susah untuk berjalan.

Duduk Tahiyatul Akhir
Posisi kaki sebelah kiri berada dibawah kaki kanan.
Manfaat : sangat baik utk menekan bagian kandung kemih, saluran vas deferens, kelenjar kelamin pria. Melakukan gerakan tersebut dengan benar, maka dapat mencegah terkenanya penyakit impotensi.

Salam
Memutar kepala ke arah kanan dan kiri.
Manfaat : untuk meregangkan otot bagian sekitar leher dan kepala dan dapat menyempurnakan aliran darah pada bagian tersebut. Selain itu, dapat mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah.




Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar