Al-Quran, Petunjuk bagi Siapa?

Al-Quran, Petunjuk bagi Siapa?

Qiroati Pusat – Seorang bertanya, “Didalam satu ayat saya menemukan bahwa Al-Qur’an adalah petunjuk bagi seluruh manusia. Namun dalam ayat lain saya menemukan bahwa Al-Qur’an adalah petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa saja. Apakah ayat ini tidak kontradiksi?”

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيَ أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِّلنَّاسِ -١٨٥-

“Bulan Ramadlan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia”
(Al Baqarah 185)

ذَلِكَ الْكِتَابُ لاَ رَيْبَ فِيهِ هُدًى لِّلْمُتَّقِينَ -٢-

“Kitab (Al-Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa.”
(Al Baqarah 2)

      Apakah dua ayat ini kontradiksi?

Ternyata dua ayat ini tidaklah saling kontradiksi. Memang Al-Qur’an diturunkan sebagai petunjuk bagi seluruh manusia. Namun ayat yang kedua menjelaskan bahwa walaupun petunjuk ini bagi seluruh manusia tapi yang bisa mengambil manfaat dari Al-Qur’an hanyalah orang-orang yang bertakwa.

Seperti matahari yang menerangi seluruh bumi. Cahayanya diberikan untuk semua manusia. Namun yang mengambil manfaat dari cahayanya hanyalah mereka yang membuka matanya.

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاء وَرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِينَ وَلاَ يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إَلاَّ خَسَاراً -٨٢-

“Dan Kami Turunkan dari al-Quran (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (al-Quran itu) hanya akan menambah kerugian.”

Al-Qur’an adalah penawar bagi orang beriman namun bagi orang yang dzalim, dia tidak akan mendapatkan sesuatu kecuali kerugian.

Pada ayat yang lain Allah berfirman,

يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءتْكُم مَّوْعِظَةٌ مِّن رَّبِّكُمْ وَشِفَاء لِّمَا فِي الصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِينَ -٥٧-

“Wahai manusia! Sungguh, telah datang kepadamu pelajaran (al-Quran) dari Tuhan-mu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada, dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman.”

Dalam ayat ini Allah menjelaskan bahwa Al-Qur’an adalah sebuah pelajaran dan obat bagi seluruh manusia namun petunjuk serta rahmat dari Kitab suci ini hanya akan didapatkan oleh orang yang beriman.

“Seorang tak akan mampu mendalami Al-Qur’an tanpa berbekal persiapan takwa”
(Sayyid Qutb)

[Sumber]




Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar