Mukmin Adalah Orang yang Ramah


Qiroati Pusat – Mukmin bukan sekedar istilah yang kosong makna. Mukmin tidak hanya ditujukan melalui ibadah semata, tetapi juga terwujudkan dalam laku sehari-hari, baik kepada sesama manusia, binatang, dan tumbuhan. Sebab itu, Rasulullah SAW bersabda:

الْمُؤْمِنُ يَأْلَفُ وَيُؤْلَفُ، وَلَا خَيْرَ فِيمَنْ لَا يَأْلَفُ، وَلَا يُؤْلَفُ، وَخَيْرُ النَّاسِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ

Artinya:

“Orang Mukmin adalah orang yang ramah, dan diperlakukan dengan ramah, tidak ada kebaikan pada seseorang yang tidak bebuat ramah, dan tidak pula pada seseorang yang tidak dperlakukan dengan ramah, dan sebaik- baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia yang lain.” (HR: Al-Thabarani)

Berlaku ramah dan menjadi pribadi yang bermanfaat adalah salah satu karakter yang harus dimiliki oleh seorang Muslim. Setiap Muslim diperintahkan untuk memberikan manfaat bagi orang lain. Apabila kita berbuat baik dan memberikan manfaat kepada orang lain, maka kebaikannya pun akan kembali kepada diri sendiri.

Sebagaimana dalam Al-Qur’an Allah berfirman :

إنْ أَحْسَنْتُمْ أَحْسَنْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ

Artinya:

“Jika kalian berbuat baik, sesungguhnya kalian berbuat baik bagi diri kalian sendiri” (QS. Al-Isra: 7)

Dan dalam Hadis lain Nabi bersabda :

مَنْ كَانَ فِي حَاجَةِ أَخِيهِ كَانَ الله فِي حَاجَتِهِ

Artinya:

“Barangsiapa membantu keperluan saudaranya, maka Allah akan membantu keperluannya.” (Bukhari-Muslim)

Untuk itu jangan pernah enggan untuk memberikan manfaat kepada orang-orang di sekitar kita, kepada lingkungan, siapapun mereka sekalipun orang yang tak dikenal bahkan

sumber



Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar