11 Manfaat Sedekah yang Tidak Disadari Akan Kita Dapatkan


Qiroati Pusat – Secara umum, ada banyak sekali manfaat sedekah, beberapa di antaranya bahkan sering tidak kita sadari disebabkan oleh sedekah. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk membiasakan diri bersedekah.

Sebagai seorang muslim dan makhluk sosial, sudah sewajibnya kita saling tolong-menolong dalam hal kebaikan, dan salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan memberi sedekah.

Istilah sedekah sendiri sebenarnya cukup sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari, namun tak banyak dari kita yang mengetahui, apa sih sebenarnya makna dari sedekah tersebut?

Sedekah atau shadaqah atau shodaqoh merupakan kegiatan memberikan sesuatu kepada fakir miskin atau kepada orang yang berhak menerimanya, di luar kewajiban kita untuk berzakat dan zakat fitrah.

Sehingga, dapat dikatakan bahwa sedekah adalah kegiatan memberi sesuatu secara sukarela. Hal ini tetap menjadi kewajiban kita sebagai manusia, namun di luar kewajiban lain seperti mengeluarkan zakat.

Sampai di sini, apakah kamu sudah mengerti maksud dan tujuan dari zakat? Jika sudah, simak pula manfaat sedakah di bawah ini.

11 Manfaat Sedekah bagi Kehidupan Kita dan Orang Lain
Perlu digarisbawahi, untuk mendapatkan manfaat sedekah kita harus menjalankannya secara ikhlas karena Allah Taala. Jika tidak, maka sedekah yang dikeluarkan akan sia-sia dan malah mengakibatkan dosa.

Apabila sudah paham, berikut manfaat sedekah di bawah ini bagi orang yang menjalankannya, seperti:

1. Sebagai Penghapus Dosa
Sebagai manusia, kita memang tempatnya berbuat salah dan dosa. Oleh sebab itu, untuk menghapus dosa-dosa kita terdahulu, kita harus sering-sering melaksanakan sedekah.

Manfaat sedekah ini akan semakin terasa apabila kamu menjalankannya bersamaan dengan niat untuk bertaubat. Dengan begitu, niat sedekahmu akan lebih diterima oleh Allah SWT.

2. Diberikan Pahala dan Imbalan Berlipat Ganda
Tidak ada salahnya kok, melakukan sedekah dengan niat mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Bahkan, Allah SWT telah menjanjikan manfaat sedekah tersebut kepada orang yang mengamalkannya.

Maka dari itu, kamu tidak perlu takut kehabisan harta ketika melakukan sedekah. Sebab, Allah sendiri menjanjikan akan mengganti sedekahmu tersebut dengan rezeki yang lebih besar.

3. Menghindarkan dari Segala Malapetaka
Tahukah kamu, jika kamu rajin bersedekah maka hal tersebut akan menghindarkanmu dari segala bentuk malapetaka? Ya, hal tersebut telah secara jelas diutarakan oleh Rasulullah SAW.

Rasulullah SAW menyebutkan, manfaat sedekah dapat menutup 70 pintu kejahatan dan bencana, serta musibah sendiri tidak akan bisa mendahului sedekah.

4. Membuat Perasaan Senang dan Tenang
Bagi sebagian orang, kebiasaan bersedekah mampu menghadirkan rasa senang dan tenang pada hatinya. Oleh sebab itu, banyak pula orang yang berpendapat jika sedekah membuat ‘kecanduan’ dalam hal baik.

Rasa senang dan ketenangan ini memang wajar. Pada saat orang membeli, ada perasaan puas karena sebagai manusia ia bisa berguna bagi manusia lainnya, hal itulah yang jadi candu dan manfaat sedekah

5. Mendapatkan Jaminan di Hari Akhir
Tentu saja, jika manfaat sedekah adalah mendapatkan pahala yang berlimpah oleh Allah SWT, maka orang yang rajin bersedekah tentu mendapatkan ganjaran berupa surga di hari akhir kelak.

Selain itu, sebuah kisah menyebutkan jika amalan sedekah akan menyelamatkan kita dari panasnya terpaan sinar matahari di hari akhir kelak. Orang yang rajin bersedekah akan senantiasa sejuk dan nyaman.

6. Terbebas dari Siksa Kubur
Siksa kubur sendiri ada agar manusia bisa mempertanggungjawabkan segala perbuatannya di dunia, hingga hari kiamat tiba. Seperti telah disebutkan sebelumnya, manfaat sedekah adalah penghapus dosa.

Sehingga, orang-orang yang rajin bersedekah akan terbebas dari siksa kubur karena tidak dosa-dosanya telah dihapuskan dengan amalan bersedekah.

7. Meringankan Beban Orang Lain
Bagi orang yang memberi sedekah, ia akan mendapatkan sebuah kesenangan dan ketenangan jiwa. Namun, manfaat sedekah bagi orang yang menerimanya adalah beban yang ia derita akan berkurang.

Misalnya, kamu bersedekah kepada orang yang sedang sakit. Dengan uang atau bantuan apapun yang kamu berikan, tentu akan sangat bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan orang tersebut.

8. Memperpanjang Usia Seseorang
Secara tidak langsung manfaat sedekah yang bisa didapatkan adalah memperpanjang usia diri kita sendiri. Mengapa demikian? Sebab, kualitas hidup orang yang rajin sedekah lebih baik daripada yang tidak.

Hal ini dikarenakan, orang yang bersedekah lebih Bahagia dan lebih tenang batinnya. Sehingga, dalam menjalani kehidupan sehari-hari orang tersebut tidak mengalami tekanan mental apapun.

9. Memperbanyak Warisan di Dunia dan Akhirat
Warisan di sini terbagi atas dua macam, ada warisan harta yang kita tinggalkan pada saat kita meninggal dan ada warisan amal yang kita pupuk untuk di hari akhir kelak.

Dalam Hadis riwayat Ahmad Rasulullah bersabdah, “Tidaklah seorang yang bersedekah dengan baik kecuali Allah memelihara kelangsungan warisannya.”

10. Mengeratkan Tali Silaturrahmi
Manfaat sedekah selanjutnya adalah untuk mengeratkan tali silaturrahmi. Ya, dengan banyak membantu orang, tentu orang-orang yang ada di sekitar akan merasa senang akan kehadiran kita.

Maka dari itu, sedekah membuat tali silaturrahmi semakin erat. Selain itu, dengan rajin bersedekah kepada orang lain, kita akan lebih mudah ditolong pada saat merasa kesusahan.

11. Meningkatkan Keimanan kepada Allah SWT
Sesungguhnya, tidak ada tujuan yang paling penting dalam bersedekah selain demi mendapatkan pahala dan keridhoan dari Allah SWT.

Sehingga, apabila kita melakukannya secara ikhlas, bersedakah mampu meningkatkan keimanan orang kepada Sang Pencipta. Jika kita lebih beriman, maka Allah SWT tidak akan segan menambah rezeki kita.

Itu tadi beberapa manfaat sedekah yang penting diketahui. Selain itu, penting untuk dicatat jika bersedekah tak melulu soal harta, namun ada cara lain yang bisa kamu lakukan selain memberi uang.

Cara Sedekah Selain Memberi Uang
Jangan pernah berpikir, jika kondisi keuangan kurang baik maka kita terbebas dari kewajiban bersedekah. Malah, manfaat sedekah salah satunya untuk memperlancar rezeki, sehingga penting untuk dilakukan.

Tidak perlu bingung bagaimana cara sedekah tanpa uang, sebab ada beberapa ibadah fisik non materi yang tergolong sebagai sedekah, seperti menolong orang lain dengan tenaga dan pikiran.

Selain itu, hal-hal kecil seperti senyuman, memberi nafkah keluarga, mengajarkan ilmu dan pengetahuan, berdzikir, dan lain sebagainya juga masih tergolong sebagai sedekah.

Oleh karenanya, meskipun kamu tidak mampu memberi sedekah dalam bentuk uang atau harta, kamu bisa melakukan sedekah non materi, seperti yang disebutkan di atas untuk mendapat manfaat sedekah.

Pada poin sebelumnya juga telah disebutkan, jika sedekah tidak akan mengurangi harta. Malahan, sedekah sendiri dapat melipatgandakan harta dan pahala yang kamu miliki.

Maka dari itu, jangan ragu  untuk melakukan sedekah dalam kondisi apapun ya, baik sulit ataupun senang.

Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk kita semua. Selamat bersedekah!

sumber


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar