5 Keistimewaan Hari Jumat Bagi Umat Islam


Qiroati Pusat – Selamat hari Jumat. Ini adalah hari yang sering dibilang pendek, namun memiliki keistimewaan tersendiri, apalagi bagi umat muslim.

Umumnya, orang-orang di hari Jumat merasa senang karena besoknya libur bekerja. Ternyata, di hari Jumat itu sendiri ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memanfaatkan waktu. Tanpa panjang lebar lagi, kita simak keistimewaan hari Jumat untuk manusia.

Hari Yang Sangat Baik
Hari Jumat adalah hari yang paling baik di antara hari lainnya. Seperti yang disebutkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu ’anhu dari Nabi Shallallahu ’alaihi wa Salam, ”Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya (hari cerah) adalah hari Jum’at, (karena) pada hari ini Adam diciptakan, hari ini pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan darinya, dan tidaklah akan datang hari kiamat kecuali pada hari Jum’at.” (HR Muslim).

Begitu baiknya hari Jumat ini, konon bila meninggal di hari Jumat atau malam harinya, menjadi pertanda bahwa manusia tersebut meninggal dengan husnul khotimah. Subhanallah.

Hari Untuk Beribadah Sholat Jumat
Untuk kaum muslimin, hari ini menjadi hari untuk beribadah sholat Jumat. Kesempatan untuk beribadah sholat Jumat ini merupakan berkah lho. Bayangkan, siapapun yang melangkah untuk sholat Jumat, nanti akan diganjar pahala dan puasa sholat setahun.

Hal ini seperti yang disampaikan dalamsebuah hadist, ”Barangsiapa yang mandi lalu berwudhu pada hari Jum’at, lalu ia bersegera dan bergegas (untuk sholat), kemudian ia mendekat kepada imam dan diam, maka baginya pada setiap langkah kaki yang ia langkahkan (ada pahala) puasa dan sholat setahun, dan yang demikian ini adalah sesuatu yang mudah bagi Allah.” (HR Ahmad dan Ashhabus Sunnan, dishahihkan oleh Ibnu Khuzaimah).

Bahkan seringkali ada meme yang tersebar di dunia maya untuk memotivasi. Misalnya, ‘yang ganteng sholat jumat’, ‘sholat Jumat dulu biar bidadari lupa diri’ dan sebagainya. Namun lebih baik sholat karena iman kepada Allah, supaya lebih afdhol sholatnya ya.

Hari di Mana Doa Diijabah
Selain sholat Jumat, hari ini merupakan momen yang baik untuk berdoa kepada Allah. Dalam setiap doa, kita ingin agar permintaan dan doa kita didengarkan, bukan?

Maka berdoalah pada hari Jumat. Hari ini merupakan salah satu waktu yang paling mustajab untuk berdoa. Di mana doa kita akan didengar dan dikabulkan oleh Allah SWT.

Hari Terbaik Untuk Bersedekah
Jumat sedekah, Jumat barokah. Maka, bersedekahlah di hari Jumat. Bila kita beramal pada hari ini, sama halnya seperti beramal saat bulan Ramadhan tiba. Di mana bulan tersebut lebih baik daripada bulan-bulan lainnya.

Pun dengan bersedekah di hari Jumat. Selain bersedekah di hari yang paling baik, juga akan diganjar dengan pahala yang lebih besar. Meski demikian, tetap lakukanlah sedekah dengan ikhlas dan tulus pada saudara kita yang membutuhkan. Amal dan sedekah tak hanya materi. Tersenyum dan melakukan perbuatan baik lainnya juga merupakan sedekah.

Hari Penghapusan Dosa
Hari Jumat merupakan hari di mana banyak dosa akan diampuni. Hal ini pun menjadi salah satu manfaat dari sholat Jumat yang didirikan.

Seperti yang disampaikan dalam sebuah hadist, ”Tidaklah seorang hamba mandi pada hari Jum’at dan bersuci dengan sebaik-baik bersuci, lalu ia meminyaki rambutnya atau berparfum dengan minyak wangi, kemudian ia keluar (menunaikan sholat Jum’at) dan tidak memisahkan antara dua orang (yang duduk), kemudian ia melakukan sholat apa yang diwajibkan atasnya dan ia diam ketika Imam berkhutbah, melainkan segala dosanya akan diampuni antara hari Jum’at ini dengan Jum’at lainnya.” (HR Bukhari).

Tentunya hal ini berlaku bagi siapapun kamu muslimin dan muslimah yang ingin berdoa agar diampuni dosa-dosanya. Karena hari Jumat, sekali lagi, adalah hari terbaik untuk berdoa, beribadah dan bersedekah.

sumber




Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar