Alasan Al-Quran Terjaga Keasliannya yang Perlu diketahui




Qiroati Pusat –  Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam yang merupakan firman-firman Allah SWT.

Berkat Al-Qur’an manusia dapat mengembangkan ilmu-ilmu lainnya, seperti ilmu biologi, kimia, fisika, astronomi dan lain-lain.

Banyak orang yang bertanya-tanya, mengapa Al-Quran terjaga keasliannya? Berikut ini adalah alasan dari pertanyaan tersebut.

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ

Artinya: “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Alquran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya” (Q.S. Al-Hijr: 9).

Dalam ayat tersebut, Allah SWT menjelaskan bahwa Dia-lah yang menurunkan Al-Qur’an dan memeliharanya dari penambahan, pengurangan, maupun pengubahan.

Selain alasan diatas, berikut ini adalah faktor pendukung mengapa Al-Qur’an tetap terjaga keasliannya.

Banyak penghafal Al-Qur’an tersebar di seluruh dunia yang dengan sendirinya mereka menjadi penjaga keaslian Al-Qur’an. Setiap kejanggalan dan perubahan yang terjadi, pasti diketahui oleh mereka.
Umat Islam selalu menjaga keaslian Al-Qur’an dengan berbagai cara. Bacaan Al-Qur’an dijaga dengan kaidah-kaidah pembacaan (qira’ah) dan terikat dalam aturan ilmu tajwid.
Umat Islam juga masih mempelajari kaligrafi (tulisan Arab/Al-Qur’an) bahkan mereka sering berlomba menulis kaligrafi dengan sebaik-baiknya.




Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar