3 Jenis Syafaat di Hari Kiamat yang Bisa Didapatkan Umat Islam






Qiroati Pusat –  Hari kiamat atau yang disebut juga dengan hari akhir merupakan waktu di mana umat manusia akan diminta pertanggungjawaban atas perbuatannya di dunia. Di hari itu, tidak ada yang bisa menyelamatkan nasib seseorang kecuali amal baiknya.

Kabar baiknya, Allah memberikan syafaat atau pertolongan khusus bagi orang-orang tertentu. Setidaknya ada 3 jenis syafaat yang bisa didapatkan oleh seorang muslim. Berikut penjelasannya.

1. Syafaat dari Nabi Muhammad

Salah satu keistimewaan Nabi Muhammad yang diberikan Allah ialah, tentang syafaat atau pertolongan Nabi Muhammad untuk umatnya. Hal ini sebagaimana termuat dalam hadis yang diriwayatkan Imam Muslim.

Rasulullah bersada: "Setiap Nabi mempunyai doa yang mustajabah, maka setiap Nabi doanya dikabulkan segera. Sedangkan saya menyimpan doaku untuk memberikan syafaat kepada umatku di hari kiamat. Syafaat itu insyaAllah diperoleh umatku yang meninggal tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apa pun." (HR Muslim).

2. Syafaat dari Al-Qur'an

Syafaat lainnya yang bisa diperoleh seorang muslim di hari kiamat ialah syafaat dari Al-Qur'an. Al-Qur'an akan memberikan pertolongan di hari akhir nanti bagi muslim yang gemar membacanya, menghafalkan, dan mengamalkannya.

Hal ini sebagaimana termuat dalam hadis yang diriwayatkan Muslim.

Rasulullah bersabda: "Rajinlah membaca Al-Qur'an, karena dia akan menjadi syafaat bagi penghafalnya di hari kiamat." (HR. Muslim)

3. Syafaat dari teman saleh

Syafaat yang bisa diperoleh di hari kiamat bagi umat Islam selanjutnya ialah datang dari teman, saudara, kerabat, atau keluarga yang saleh. Imam Nawawi menjelaskan hal ini dalam bab keutamaan berkumpul dengan orang saleh. hal tersebut berdasarkan hadis Nabi:

"Setiap orang akan dikumpulkan bersama orang yang ia cintai," (HR Bukhari dan Muslim).

Sementara itu, Imam Hasan Al-Bashri menegaskan, "Perbanyaklah berteman dengan orang-orang yang beriman. Karena mereka memiliki syafaat di hari kiamat.

Itulah 3 jenis syafaat yang bisa didapatkan seorang muslim di hari kiamat. Semoga kita semua termasuk golongan yang mendapatkannya. Aamiin![]




Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar