Sejarah Dibentuknya Qiroati

 Berawal dari ketidakpuasan dan prihatin melihat proses belajar mengajar Al Qur'an di madrasah, mushala, masjid dan lembaga masyarakat muslim yang pada umumnya belum dapat membaca Al Qur'an dengan baik dan benar, Almarhum KH Dachlan Salim Zarkasyi, tergugah untuk melakukan pengamatan dan mengkaji secara seksama lembaga-lembaga di atas dimana ternyata metode yang dipergunakan oleh para guru dan pembimbing Al Qur'an dinilai lamban ditambah sebagian guru ngaji yang masih asal-asalan mengajarkan Al Qur'an sehingga yang diperoleh kurang sesuai dengan kaidah ilmu tajwid.

Hal itulah yang mendorong Almarhum KH Dachlan Salim Zarkasyi pada tahun 1963 memulai menyusun metode baca tulis Al Qur'an yang sangat praktis. Berkat Inayah Allah beliau telah menyusun 10 jilid yang dikemas sangat sederhana. Almarhum KH Dachlan Salim Zarkasyi dalam perjalanan menyusun metode baca tulis Al Qur'an sering melakukan studi banding keberbagai pesantren dan madrasah Al Qur'an dan sampai ke Pondok Pesantren Mambaul Hisan Sidayu Gresik Jawa Timur (tepatnya pada bulan Mei 1986) yang pada saat itu dipimpin oleh Almukarram KH Muhammad.
Almarhum KH Dachlan Salim Zarkasyi tertarik untuk metakukan studi banding sekaligus bersilaturahmi ke Pesantren Sedayu Gresik  karena santrinya berusia 4-6 tahun. Menurut KH Muhammad, Pondok Pesantrn yang dipimpinnya telah dirintis tahun 1965 dengan jumlah muridnya 1300 orang siswa yang datang dari berbagai kepulauan yang ada di Indonesia.

Sebulan setelah silaturahmi ke Pondok Pesantren Sedayu Gresik, tepatnya tanggal 1 Juli 1986 , KH. Dachlan Salim Zarkasyi mencoba membuka TK Al-Qur'an yang sekaligus mempraktekan dan mengujikan metode yang disusunnya sendiri dengan target rancana 4 tahun seluruh muridnya akan khatam Al Qur'an. Berkat Inayah Allah SWT, diluar dugaan dalam perjalanan 7 bulan ada beberapa siswa yang telah mampu membaca beberapa ayat Al Qur-an serta dalam langka 2 tahun telah menghatamkan Al Qur'an dan mampu membaca dengan baik dan benar (bertajwid).
TK Al Qur'an yang dipimpinnya makin dikenal orang keberbagai pelosok karena keberhasilan mendidik siswa-siswinya. Dari keberhasilan inilah, banyak yang melakukan studi banding dan meminta petunjuk cara mengajarkan metode yang diciptakannya. KH Dachlan Salim Zarkasyi terus menerus melakukan evaluasi dan meminta penilaian dari para Kiyai Al Qur'an atas motode yang diciptakannya. Atas usul dari Ustadz A. Djoned dan Ustadz Syukri Taufiq, metode ini diberi istilah dengan nama "QIROATI" yang artinya BACAANKU (pada saat itu ada 10 jilid)

Memperhatikan perjalanan sejarah penyusunan metode Qira'ati, tampaknya K.H. Dachlan Salim Zarkasyi sangat didukung oleh para Kyai 'ulumul Qur-an, walaupun menurut penuturannya beliau ini bukanlah santri namun kehidupannya selalu dekat dengan para Kyai sehingga tampak tawadhu', mukhlish dan berwibawa.

Atas restu para Kyai metode Qira'ati selanjutnya menyebar luas dan digunakan sebagai materi dasar dalam pengajaran baca tulis Al Qur-an di masjid, madrasah, TKA, TPA, TPQ, Pesantren dan Sekolah Umum.

Qiraati diminati oleh mayoritas para pendidik Al Qur-an dikarenakan memiliki beberapa perbedaan dengan metode lain diantaranya :

1. Berkesinambungan antara halaman ke halaman berikutnya.
2. Berkesinambungan antara jilid satu dan seterusnya
3. Disesuaikan dengan usia para pelajar  Al  Qur-an
4. Kata dan kalimatnya tidak keluar dari ayat-ayat Al Qur'an
5. Setiap Pokok Bahasan sudah diterapkan ilmu Tajwid
6. Dilengkapi Petunjuk mengajar setiap Pokok Bahasan
7. Dilengkapi Buku Gharib, Musykilat dan Tajwid Praktis
8. Sangat mudah untuk diucapkan.
Dari tahun ke tahun perkembangan Qiraati makin meluas keseluruh pelosok negeri bahkan di beberapa negara asing tercatat sampai tahun 2000 telah masuk ke negara Australia, Malaysia, Brunei Darusalam, Singapura.

Dari perkembangan tersebut Almarhum KH Dachlan Salim Zarkasyi tidak terlalu gembira bahkan merasa khawatir karyanya ini disalah gunakan yang berbau bisnis belaka, untuk itu pada tahun 1990 beliau mengundang seluruh kepala TKA/TPA dan lembaga yang mempergunakan Qiraati pada suatu acara Silatnas Nasonal untuk mentashhih ulang para kepala TKA/TPA dan pengelola Qiraati sekaligus menunjuk Koordinator tingkat Propinsi dan Kota Besar yang ada di Indonesia,

Dari hasil Silatnas Qiroati tersebut ada beberapa hal yang sempat kami nukil diantaranya yang merupakan amanat untuk seluruh pengguna Qiraati, diantaranya:
1. Saya tidak ingin menyebar luaskan Qiroati tetapi ingin menyebarkan ilmu Qiroati yang saya ijazahkan
2. Qiroati tidak untuk dijual belikan secara bebaskan.
3. Siapa saja boleh belajar dan mengajarkan Qiroati dengan syarat mau ditashih.
4. Para Koordinator yang lulus ditashhih diperbolehkan mentashhih para calon guru Qiroati dan menyebarkan Qiroati untuk sarana belajar Al Qur-an di cabang dan daerahnya masing-masing.

Karena metode Qiroati sangat praktis dalam segala hal, maka dalam waktu singkat TK Al Qur-an Roudhatul Mujawwidin sudah tidak dapat menerima siswa baru dan dianjurkan untuk mengikuti bimbingan di TK Al Qur'an Qiraati yang ada didaerahnya masing-masing yang terdaftar sebagai cabang Semarang. Tercatat TK Al Qur'an yang pesat pada saat itu adalah TK Al Karomah (Pekalongan), TK Al Qur'an AMM (Kota Gede), TK Al Qur'an Kudus, TK Al Qur'an Gresik yang masing-masing sudah mempunyai 15 - 30 cabang. TK/TP Al Qur-an ditahun 1990 berkembang pesat karena peran aktif para koordinator di setiap provinsi dan cabangnya yang melakukan petatihan-petatihan dan demo tasyakur binni'mah atas keberhasilan TK / TP Al Qur-an Qiraati melalui Imtihan Khatmul Qur'an dimana dari proses Imtihan dan Pentashhihan tersebut kita semua dapat melihat kelebihan para siswa menguasai Al Qur-an diantaranya ;
1) Makhraj yang baik,
2) Bacaan Tajwid yang baik dan benar,
3) Mengerti bacaan Gharib dan Musykilat, 4) Membaca dengan,tidak tanafus,
5) Hafal nama-nama Ilmu Tajwid.
Dan di tahun 1989 tercatat dalam perkembangan sejarah Yayasan Assalaam, sebagai rintisan TK Al Qur'an pertama di Jawa Barat khususnnya TK Al Qur'an metode Qiroati. Alhamdulillah berkat bimbingan langsung dari KH Dachlan Salim Zarkasyi, TK Al Qur-an Assalaam langsung mendapat respon yang baik dari berbagai pihak terutama seluruh orang tua yang berada dilingkungan lembaga pendidikan Assalaam.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

45 komentar:

  1. Mohon ijin COPAS konten-kontennya, semoga manfaat.

    TKQ-TPQ DARUSSALAM
    http://yysdarussalamwiguna.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  2. Monggo Silahkan..... Semoga bermanfaat

    BalasHapus
  3. Andai tulisan admin diperbaiki lebih baik - masih banyak sekali pengetikan kata-kata yang salah - sayang kan ini informasi yang seharusnya disajikan dengan teliti - terlebih ini qiraati yang menyajikan bacaan alquran di dalamnya TOLONG DIKOREKSI KEMBALI YA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jazakumullah khoiron katsiroo, terima kasih untuk masukannya. Kami akan terus berbenah

      Hapus
  4. Assalamu'alaikum.. mohon bantuan informasinya, kalau qiraati cabang cirebon alamat lengkapnya dimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa menghubungi no telp yang ada di web. Sukron

      Hapus
    2. Sudah ketemu belum bunda? Sekedar info. Kalau belum untuk cirebon adanya di desa lurah daerah Plumbon bunda dengan nama TPQ NURUL HIKMAH. Berada tepat belakang mesjid desa Lurah. Dan beberapa bulan kemarin dibuka lagi di desa kejuden lupa namanya apa. Berada tepat sebelah barat mesjid desa Kejuden. Kebetulan anak saya masuk di TPQ yang di desa Lurah.

      Hapus
    3. jalan sultan ageng tirtayasa desa kedung jaya kec. kedawung kab. cirebon.

      Hapus
  5. assalamualaikum..
    di tulisan sejarah ini, disebutkan pesantren Sedayu Gresik yang ikut ambil bagian dalam memberikan pengaruh lahirnya Qiroati. itu pesantren Sedayu yang dimaksud pesantren apa ya?, soalnya di Sedayu Gresik terdapat lebih dari tiga pesantren. salah satu yang terkenal adalah al-Munawwar PPTTQ yang dirintis K.H. Munawwar. beliau pemilik sanad terdekat, itu artinya satu level dengan K.H. Munawwir Krap[yak Yogyakarta. dan beliau termasuk di antara lima orang Indonesia pemilik sanad terdekat yang melalui jalur Imam Ashim Rawi Hafs.
    Tolong dijawab, trimakasi

    BalasHapus
  6. Berdasarkan buku "Pedoman Metode Praktis Pengajaran Ilmu Baca Al Qur'an QIROATI" yang ditulis dan di susun oleh Bp KH Imam Murjito (Putra Menantu KH Dachlan Salim Zarkasyi), di hal 11 dituliska,
    ....bulan Mei 1986, Beliau diajak oleh salah seorang wali muridnya, yakni Bapak Sugito untuk silaturahmi ke Pondok Pesantren Al Qur'an Anak-anak (usia 4-6 tahun) "Mambaul Hisan" di Sidayu, Gresik, Jawa Timur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum. maaaf ibu sy mau bertanya, sy skrng lagi mengerjakan tugas skripsi yg membahas tenteang Qiraati. yg terkandala dengan buku teori nya. di sebutkan diatas ada buku "Pedoman Metode Praktis Pengajaran Ilmu Baca Al Qur'an QIROATI" yang ditulis dan di susun oleh Bp KH Imam Murjito (Putra Menantu KH Dachlan Salim Zarkasyi), di hal 11 dituliskan. dimanakah sy bisa membelinya? mohon bantuannya

      Hapus
    2. Wassalamu'alaykum wr wb. Bisa menghubungi no 085226386477. Terima kasih

      Hapus
  7. Assalamualaikum ...Mohon info daftar alamat cabang qiroati jawa timur khususnya di bojonegoro...

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum ...Mohon info daftar alamat cabang qiroati jawa timur khususnya di bojonegoro...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wassalamu'alaykum warohmatullahi wabarokatuh
      Mohon maaf, silahkan menghubungi no telpon kami. sukron

      Hapus
  9. Assalamualaikum
    Pak saya dari tegal,
    Setiap malam kamis alhamdulillah di tempat saya ada pengajian khusus keluarga,yg di asuh oleh ustads haris,(kep.sekolah bias assalam tegal.
    Meneurut beliau bacaan al quarn kami masih tawalud dan di sarankan untuk belajar baca al quran dg qiroati,tp kami kesulitan mencari bukunya,apakah kami bisa membeli buku qiroati satu paket pak?makasih sebelumnya.
    Wassalamualaikum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah terhubung dengan koordinator di tegal? Terima kasih

      Hapus
  10. Assalamu'alaikum, saya dari bandung pa, kalau mau beli buku "pedoman metode praktis pengajaran ilmu baca al Quran Qiraati yg ditulis bp KH Imam Murjito dimana ya pa?
    Disebarluaskan tidak pa, buku tersebut? Mohon bantuannya pa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wassalamu'alaykum wr wb
      Mohon maaf, untuk bukunya tidak dijual bebas. untuk lebih jelasnya bisa menghubungi no kami. sukron

      Hapus
  11. Assalamualaikum... mohon di infokan cabang qiroati di jakarta. Khususnya kemayoran dan sunter. Saya sudah coba cari sendiri lebih banyak di jak sel.syukron

    BalasHapus
    Balasan
    1. Informasi qiroati lebih lengkap untuk wilayah Jabodetabek bisa menghubungi Ustadz Abu Bakr di no 089646831961

      Hapus
  12. assalamu alaikum. sy mw bertanya ada nggak buku mengenai metode qira'ati ini dan apakah udah ada disul-sel bukunya ? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wassalamu'alaykum warohmatullahi wabarokatuh
      Mohon maaf, untuk wilayah sul sel, belum ada. informasi lebih lanjut bisa menghubungi 024 6716602 atau 085226386477 (telp/WA)

      Hapus
  13. Alhamdulillah... putri saya baru akan mengikuti TAS bulan depan. Semoga bisa lulus. Dan insyaAllah akan disusul adiknya yg sekarang masih jilid 4. Saya takjub dengan metode pengajaran qiroati, dan hasilnya memang benar2 memuaskan. Matur nuwun qiroati....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah...... Semoga putrinya di beri kemudahan dalam mengikuti TAS
      Semoga barokah untuk semuanya..... Aamiiin

      Hapus
  14. Alhamdulillah
    Saya termasuk orang yg belajar Al Qur'an dengan metode ini

    BalasHapus
  15. Assalamu'alaikum.
    Ijin Copas utk WEB sekolah kami sitbinainsani.sch.id

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum mav apa metode pembelajaran qiroati cepat berlaku untuk usia 35 keatasa yang ingin belajar qiroati juga... Karna saya mengalami kesusahan.. Saat cepat...

    BalasHapus
  17. Assalamualaikum mav apa metode pembelajaran qiroati cepat berlaku untuk usia 35 keatasa yang ingin belajar qiroati juga... Karna saya mengalami kesusahan.. Saat cepat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wassalamu'alaykum wr wb
      Cara belajar membaca Al Qur'an dengan metode qiroati memang membacanya secara cepat dan benar hukum tajwidnya
      dan itu berlaku untuk semua umur
      Insyaallah dengan sering membaca secara bersama/klassikal akan banyak membantu untuk dapat membaca dengan cepat
      Semoga dimudahkan semuanya

      Hapus
  18. Assalamu'alaikum. Wr. Wb
    Mohon maaf saya mau menanyakan tentang apa beda nya buku qiraati 4 jilid dengan 6 jilid,,dan bagaimana cara mendapatkan izin bagi sebuah lembaga unutk menggunakan buku qiraati baik yang 4 jilid atau yang 6 jilid, terimakasih atas penjelesan ny

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumussalam warohmatullahi wabarokatuh

      Secara umum Qiroati 6 Jilid berkonsentrasi untuk TPQ dan 4 Jilid berkonsentrasi pada sekolah formal

      namun ada juga sekolah formal yang menggunakan 6 jilid dan TPQ yang menggunakan 4 Jilid

      Untuk lebih jelasnya dapat menghubungi 085226386477

      Syukron

      Hapus
  19. Assalaamu'alaykum,

    Mohon informasi untuk pengajian qiroati di daerah gresik dimana saja ya?

    Kami dari jakarta, putri kami kasih TK dan saat ini di qiroati sdh di level al quran. Rencanaya kami akan pindah di gresik di sekitar GKB.

    Terimakasih sebelumnya. Jazaakalloohi khairan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumussalam wr wb

      Wilayah Gresik dapat menghubungi Ustadz HMZA Zamzamy Jl KH Wahid Hasyim 6 (Masjid Jami' Gresik) 081804086688

      Hapus
  20. Assalamualaikum, saya seorang ibu, ingin belajar qiraati, saya domisili di Pekalongan, dimanakah saya bisa belajar qiraati?
    Sebenarnya saya tertarik dengan Porgram PGPQ tapi kalau harus ke Semarang dengan kondisi saya yang punya amanah lain disini sepertinya susah. Mohon rekomensasinya seperti apa. terimakasih

    BalasHapus
  21. Assalamualaikum,saya sekarang tinggal di Sidoarjo. putri saya sekarang belajar qiroati jilid 3 kami ada rencana mau pindah ke Banyuwangi mohon informasi tempat mengaji ato sekolah qiroati di Banyuwangi

    BalasHapus
  22. Assalamualaikum,saya sekarang tinggal di Sidoarjo. putri saya sekarang belajar qiroati jilid 3 kami ada rencana mau pindah ke Banyuwangi mohon informasi tempat mengaji ato sekolah qiroati di Banyuwangi

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum dulu saya punya buku gharib dari qiraati. Tapi sudah hilang.. Apakah ada dijual?? Terimakasih

    BalasHapus
  24. Assalamu 'alaikum wrwb...Saya tinggal di Serang/Banten. Dahulu saya belajar qiroati menggunakan 2 jilid edisi mahasiswa ditambah ghorib/musykilat. Dan sudah mengikuti tashhih, lulus sampai jilid 2. Dimana saya bisa mengikuti tashhih untuk ghorib/musykilat? Jazaakumulloh khoiron

    BalasHapus
  25. Assalamualaikum Untuk di daerah cimahi ada cabangnya

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum. Mohon infonya utk TPQ yh menggunakan metode qiroati daerah Gedangan sidoarjo utk anak saya usia 3th. Kalau daerah Sbya alhamdulillah banam referensi.ini baru pindah ke sidoarjo dan tanya teman2 blm ada yg tau .mohon infonya ������

    BalasHapus
  27. Assalamualaikum kapan dan dimana ada pelatihan metode qiroati?

    BalasHapus